Cara menjalankan diet raw food

menjalankan diet raw foodSetelah kita mempelajari semua hal yang berhubungan dengan metode ini, kini saatnya kita mempelajari bagaimana cara tepat dalam melakukannya agar berat badan kita dapat segera dikendalikan.

Seperti kita tahu sebelumnya bahwa medote ini dititikberatkan pada buah dan sayuran mentah tanpa dimasak terlebih dahulu. Alasannya adalah agar semua enzim dan vitamin penting tidak mengalami kerusakan sehingga tubuh akan menerima semua nutrisi penting itu dalam keadaan lengkap.

Ketika tubuh menerima asupan nutrisi terbaik maka tubuh akan lebih sehat dan berat badan dapat dengan mudah diturunkan, meskipun perlu dicatat bahwa metode ini memiliki banyak kekurangan seperti yang pernah di bahas dalam artikel sebelumnya [Baca: Resiko metode diet raw food].

Terlepas dari itu semua banyak orang yang telah membuktikan bahwa obesitas yang mereka alami berhasil dikendalikan dengan menjalankan metode ini.

Berikut ini adalah cara menjalankan diet raw food untuk menurunkan berat badan secara cepat dan aman.

Langkah pertama

Mulailah mengubah kebiasaan sarapan atau makan pagi kita, gunakan blender untuk menghaluskan semua jenis sayur dan buah seperti salad, tomat, wortel dan apel.

Semua jenis makanan tersebut akan lebih mudah kita konsumsi saat telah berubah menjadi lembut, namun akan sangat sulit jika masih berbentuk seperti asalnya.

Hindari penggunaan gula secara berlebih karena salah satu prinsip dasar metode ini adalah dengan mengurangi asupan gula setiap harinya agar kadar insulin tetap stabil.

Langkah kedua

Jangan paksa tubuh untuk langsung mengkonsumsi makanan mentah, berikan sedikit keringanan bagi tubuh agar mampu beradaptasi secara perlahan dan bertahap.

Untuk siang hari kita masih bisa mengkonsumsi makanan yang telah masak atau diolah terlebih dahulu. Namun porsi untuk makanan matang ini mulai kita kurangi sedikit demi sedikit sampai kita benar-benar siap meninggalkan makanan matang dan beralih ke makanan mentah.

Langkah ketiga

Untuk makan malam, kita bisa mengkonsumsi sayur mentah jika memang telah mampu beradaptasi dengan baik. Namun bila untuk makan malam kita belum bisa meninggalkan makanan matang maka berikan sedikit waktu untuk beradaptasi.

Lakukan secara bertahap, dimulai dari sarapan atau makan pagi kemudian berlanjut ke makan siang lalu terakhir ke makan malam. Jika semuanya telah bisa kita lalui dan telah sepenuhnya merubah kebiasaan, maka silahkan lanjutkan pada proses atau tahapan selanjutnya.

Langkah keempat

Mulailah untuk membeli segala sesuatu yang dibutuhkan langsung dari para petani, belilah dalam jumlah banyak sebagai persediaan kita selama beberapa hari atau minggu ke depan.

Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas sayur dan buah yang kita beli, dengan mendapatkannya secara langsung kita bisa memperoleh banyak informasi tentang apa yang kita beli.

Selain itu jika masih memungkinkan, carilah petani yang menanam buah dan sayur tanpa menggunakan peptisida dalam mengurus tanamannya. Meskipun hal ini sudah sangat langka namun tidak ada salahnya kita coba terlebih dahulu.

tags: