Cara Menjalankan Diet Paleo

cara menjalankan diet paleoCara menjalankan diet paleo – Secara garis besar dapat kita simpulkan bahwa diet paleo adalah suatu metode diet yang bertujuan untuk menurunkan berat badan dengan menjalankan pola makan manusia yang hidup di zaman batu.

Pada dasarnya metode ini mengharuskan pesertanya untuk meninggalkan makanan berkarbohidrat dan mengandung gula dan beralih pada daging tanpa lemak, ikan, buah-buahan dan sayur mayur.

Penjelasan di atas tentu masih belum lengkap dan hanya bisa dipahami dari prinsip dasarnya saja, sedangkan tahapan-tahapan yang harus dilakukan saat melakukan diet paleo masih samar.

Oleh sebab itu kami sengaja menjelaskan cara menjalankan diet paleo di halaman ini agar mudah dipahami dan bisa diikuti oleh semua pembaca.

Berikut adalah tata cara menjalankan diet paleo mulai dari tahap pertama hingga tahap akhir untuk mendapaqtkan tubuh langsing ideal.

Tahap pertama

Di tahap ini peserta diwajibkan mengetahui dan meninggalkan semua makanan yang dilarang dalam paleo, alasannya karena makanan berpengaruh langsung dengan kesehatan seseorang.

Salah satu contoh membuktikan kebenaran teori ini adalah meningkatnya potensi atau resiko seseorang terhadap penyakit jantung, obesitas dan diabetes ketika seseorang mengkonsumsi makanan berzat gula tinggi, makanan olahan, gandum dan produk susu.

Pakar diet paleo berpendapat bahwa untuk mengembalikan tingkat kesehatan ke level semula bisa dilakukan dengan mengikuti pola makan yang ada di zaman batu.

Di zaman tersebut manusia tidak mengkonsumsi lemak jenuh, gula, roti, daging berlemak, produk susu dan pasta karena semua jenis makanan ini belum tersedia pada waktu itu.

Selain makanan tersebut, paleo juga mengharuskan pesertanya untuk tidak mengkonsumsi kacang tanah, kacang polong, kentang, jagung, soda dan semua jenis jus buah.

Tahap kedua

Cara menjalankan diet paleo kedua masih berhubungan dengan tahap pertama karena masih berputar di sekitar pemilihan makanan, namun kali ini peserta wajib mengetahui dan mengkonsumsi makanan apa saja yang dianggap tinggi protein dan nutrisi.

Makanan tersebut mempercepat datangnya rasa kenyang dan sekaligus menurunkan berat badan dalam waktu singkat, adapun makanan yang memenuhi syarat diet paleo meliputi kerang, buah, wortel, ikan, daging ayam, alpukat, telur dan lobak.

Tahap ketiga

Cara menjalankan diet paleo selanjutnya yaitu peserta diharuskan untuk menyusun menu yang akan digunakan dalam tujuh hari mendatang, menu yang diperbolehkan tentu saja harus memenuhi syarat diet paleo.

Untuk makanan apa saja yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan, silahkan baca kembali tahap pertama dan tahap kedua.

Tujuan langkah ini adalah untuk memudahkan peserta dalam memilih makanan apa yang hari ini akan dikonsumsi. Menu makan tersebut meliputi menu sarapan, makan siang dan makan malam.

Tahap keempat

Di tahap terakhir peserta wajib mempersiapkan segala kemungkinan yang bisa ditimbulkan saat melakukan paleo. Perlu diingat bahwa ketika seseorang menjalankan metode ini maka itu artinya ada pergeseran pola makan dari karbohidrat ke makanan berprotein tinggi.

Proses peralihan ini biasanya dapat menyebabkan efek samping tertentu, untuk mengetahui penjelasan lebih lengkap tentang efek samping diet paleo, silahkan baca di halaman ini [Baca: 4 Efek Diet Paleo].

Informasi penting dalam cara menjalankan diet paleo

Selain empat tahap yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa informasi penting lainnya yang harus diketahui terlebih dahulu.

Informasi tersebut meliputi;

  1. Peraturan dasar yang bisa anda baca di sini
  2. Efek samping
  3. Tips penting dari yang telah sukses menjalankannya, silahkan buka halaman ini

Itulah langkah dan cara menjalankan diet paleo untuk menurunkan berat badan, semua langkah di atas harus dijalankan dengan konsisten selama beberapa minggu untuk mendapat hasil memuaskan.

tags: