Cara Menjaga Kesehatan Rambut di Musim Panas

cara menjaga kesehatan rambutBanyak hal yang dapat mengganggu kesehatan rambut seperti sinar matahari, klorin, keringat, debu, udara yang tercemar dan lain sebagainya.

Untungnya ada banyak cara yang bisa dijadikan solusi untuk mencegah kerusakan rambut akibat hal-hal di atas, beberapa diantaranya akan kita bahas secara detail pada kesempatan kali ini.

Berikut ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan rambut di musim panas seperti kami kutip dari berbagai sumber.

Gunakan pelindung rambut dari sinar ultra violet

Jika kulit membutuhkan krim tabir surya untuk menangkal radikal bebas yang berasal dari sinar matahari, maka seharusnya rambut juga mendapat perlindungan serupa.

Sinar UVA dan UVB berbahaya bagi kesehatan rambut, paparan keduanya dapat mengoksidasi rambut sehingga akan terlihat kusam, kering dan warna dasar akan memudar.

Oleh karena itu gunakan krim yang memiliki fungsi hampir sama dengan tabir surya, silahkan cari produk yang sesuai dengan jenis kulit kepala dan rambut masing-masing.

Selain menggunakan produk tersebut, anda juga bisa melindungi rambut dari paparan sinar UVA dan UVB dengan menggunakan kain atau kerudung.

Basahi rambut sebelum turun ke kolam

Cara menjaga kesehatan rambut selanjutnya adalah dengan membasahi rambut. Percaya atau tidak, kulit kepala yang tidak dibasahi dengan air terlebih dahulu sebelum turun ke kolam renang lebih banyak menyerap zat klorin.

Hal ini karena kulit kepala dapat menyerap cairan dalam jumlah banyak, oleh sebab itu pastikan untuk membasahi rambut dengan air sebelum turun ke kolam renang.

Tujuannya adalah agar kulit kepala dan helaian rambut dalam keadaan jenuh sehingga tidak banyak klorin yang terserap.

Perlu diketahui bahwa klorin yang biasa ditemukan pada kolam renang memiliki efek buruk pada rambut. Rambut kering, perubahan warna dasar menjadi kehijauan, rambut kusam dan gangguan lain yang tidak pernah anda bayangkan sebelumnya.

Gunakan topi

Di musim panas, sinar matahari akan bersinar lebih terang dan menaikkan suhu udara. Solusi terbaik untuk melindungi rambut dari efek tersebut adalah dengan menggunakan topi.

Topi ini berguna untuk menghalangi paparan sinar matahari ke bagian rambut, sehingga dapat meminimalisir gangguan yang mungkin ditimbulkan oleh sinar tersebut.

Gunakan sampo setiap hari

Cuaca panas membuat kulit kepala lebih berminyak, untuk mengatasinya gunakan sampo setiap hari. Namun perlu diingat bahwa penggunaan sampo yang salah dapat menyebabkan rambut kering.

Maka dari itu pilihlah produk sampo yang lembut sehingga tidak menghilangkan kelembaban alami rambut.

Kesimpulan

Banyak faktor yang dapat mengganggu kesehatan rambut, namun dari sekian banyak hal, sinar matahari dan klorin menjadi penyebab umum kerusakan rambut yang sering dialami manusia.

Untuk menghindari kerusakan tersebut, lakukan empat cara menjaga kesehatan rambut di atas.

tags: