Cara meningkatkan kesegaran kulit

meningkatkan kesegaran kulitMeskipun setiap hari kita mencucinya, bukan berarti itu sudah cukup untuk menjaga kesehatan dan kesegarannya. Banyak hal yang harus dilakukan jika kita menginginkan kulit sehat dan selalu segar.

Menjaga kebersihannya saja tidaklah cukup karena organ ini membutuhkan perawatan baik dari luar maupun dari dalam. Dari luar kita bisa menggunakan produk perawatan komersil atau buatan tangan.

Sedangkan dari dalam lebih mengarah pada pola makan serta pemilihan bahan makanan. Hal ini menjadi penting karena nutrisi bukan hanya didapat dari produk yang kita gunakan, namun juga dari makanan yang kita konsumsi setiap harinya.

Oleh karenanya, mau tidak mau kita harus melakukan semuanya jika masih ingin memiliki kulit segar dan bersinar. Untuk memudahkannya, di bawah ini kami berikan beberapa tips yang bisa kita jalankan.

Berikut adalah 7 cara meningkatkan kesegaran kulit seperti dinyatakan oleh beberapa pakar kesehatan kulit.

1. Membersihkan wajah

Langkah pertama yang sudah barang tentu harus kita lakukan adalah membasuhnya dua kali sehari dengan menggunakan air dan pembersih ringan. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan semua kotoran seperti debu dan asap yang berasal dari lingkungan sekitar.

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi atau yang lebih dikenal dengan pengangkatan sel kulit mati harus senantiasa dilakukan, minimal dua sampai tiga kali seminggu. Hal ini untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori yang bisa menyebabkan hadirnya jerawat dan komedo.

Untuk melakukannya kita bisa menggunakan scrub wajah [Baca: Cara membuat scrub wajah], silahkan ikuti langkah pembuatan dan cara pemakaiannya.

3. Gunakan pelembab secara teratur

Pelembab digunakan untuk mencegah kekeringan, bersisik dan pecah-pecah. Ketiga masalah tersebut bisa mengundang berbagai gangguan lain bila tidak secepatnya di atasi.

Banyak produk pelembab yang bisa kita pilih, salah satunya dengan membuat sendiri seperti yang pernah diulas di halaman berikut [Baca: cara membuat pelembab].

4. Hindari polusi udara dan pencemaran lingkungan

Lingkungan yang sudah tercemar atau tidak bersih dapat membahayakan kulit. Debu, asap rokok, angin, polusi dan bahan kimia diketahui dapat menyebabkan kulit kehilangan kolagen dan elastin.

Elastin sendiri merupakan suatu protein yang bertanggung jawab terhadap kelenturannya. Jika kedua hal penting terebut hilang maka dapat dipastikan kulit akan longgar dan kehilangan kekencangannya lagi.

5. Kenakan krim tabir surya

Sinar matahari dapat menyebabkan flek hitam dan warna tidak merata, untuk melindunginya kita bisa menggunakan produk tabir surya yang banyak di jual di sekitar tempat tinggal kita.

6. Lakukan peremajaan kulit

Jika ditemukan garis halus atau bintik hitam, maka itu adalah gejala penuaan dini. Segera atasi persoalan tersebut dengan melakukan peremajaan kulit [Baca: cara meremajakan kulit dengan madu].

7. Minum air

Kulit membutuhkan kadar kelembaban seimbang, ini bisa diperoleh dari produk pelembab serta air yang kita minum sehari-hari. Oleh sebab itu perhatikan selalu berapa banyak air yang sudah kita minum hari ini.

Jika jumlahnya terlalu sedikit maka segeralah untuk meminum lebih banyak air.

tags: