Cara meningkatkan elastisitas kulit

meningkatkan elastisitas kulitSeperti yang dinyatakan oleh Dr. Victoria Lewis, kelenturan kulit sangat bergantung pada jumlah kolagen. Kolagen dapat berkurang karena diakibatkan oleh pencemaran lingkungan, kekurangan gizi, efek sinar matahari atau faktor usia.

Perawatan kulit yang benar dan dilakukan secara rutin dapat meningkatkan kelenturan kulit sehingga dapat memperlambat munculnya tanda penuaan seperti keriput dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan kulit lembut dan halus serta terbebas dari garis-garis halus tanda penuaan, perlu dilakukan beberapa langkah mudah yang akan kita bahas kali ini.

Berikut ini adalah tips dan cara meningkatkan elastisitas kulit seperti dikutip dari beberapa buku kecantikan yang ditulis oleh para ahli.

1. Minum banyak air

Mau tidak mau, langkah ini harus kita jalankan. Memberikan tubuh asupan cairan tepat dapat menghindarkan semua hal berbahaya yang diakibatkan oleh dehidrasi.

Salah satu efek dehidrasi yang dapat langsung kita rasakan adalah kulit kering, jika hal ini terjadi berulangkali maka lambat laun akan kehilangan kelembaban dan kelenturannya.

Dengan meminum air sedikitnya 7 sampai 8 gelas perhari dapat menghindarkan kita terhadap bahaya tersebut.

2. Kenakan tabir surya

Untuk meningkatkan kelenturan kulit kita diharuskan untuk melindunginya dari bahaya sinar matahari. Paparan sinar ultraviolet yang mengarah langsung pada tubuh dapat mengurangi kadar kolagen.

Jika kolagen menyusut maka kelenturan pun akan semakin berkurang dan akan mudah berkeriput. Untuk mencegah hal itu terjadi, gunakan tabir surya agar terlindung dari bahaya sinar matahari.

3. Perhatikan asupan gizi

Memperhatikan di sini maksudnya adalah berusaha untuk mencukupi semua kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh termasuk kulit. Beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan diantaranya vitamin A plus beta karoten, B2, B6, vitamin C dan vitamin E.

Semua jenis vitamin di atas sangat dibutuhkan kulit untuk menjaga kesehatan dan kecantikannya. Semuanya dapat kita peroleh langsung dari sumber alami mereka seperti buah, sayur dan kacang-kacangan.

Kita juga bisa mendapatkan manfaat vitamin tersebut dari suplemen.

4. Hindari makeup tidak berizin

Ada dua kemungkinan terhadap makeup atau kosmetik yang tak berizin resmi dari departemen kesehatan atau BPOM Republik Indonesia.

Pertama produk tersebut mengandung bahan-bahan berbahaya yang dapat mencelakakan konsumen atau penggunanya. Kedua, kosmetik atau makeup tersebut masuk ke negara kita tanpa melewati bea cukai.

Dari sini saja kita bisa menyimpulkan bahwa produk-produk tersebut mengandung resiko tinggi jika digunakan.

5. Menghindari stress

Stress mempengaruhi kesehatan manusai secara umum, bukan hanya berimbas pada salah satu organ tertentu. Namun meliputi semua bagian tubuh kita termasuk kulit.

Untuk mencegah hal ini, kita bisa mengatasi dan mencegahnya dengan rajin berolahraga. Lakukan jogging, yoga atau senam di pagi hari agar tubuh dan pikiran lebih bugar.

tags: