Cara Mengurangi Rambut Bercabang

cara mengurangi rambut bercabangRambut yang sehat bisa menjadi tolak ukur sesehat apa tubuh kita, bila terjadi kerusakan di bagian ini maka pasti ada vitamin , nutrisi atau mineral yang tidak mencukupi kebutuhan tubuh.

Selain itu faktor eksternal juga bisa menjadi penyebabnya, artinya adalah ketika ada salah satu anggota tubuh mengalami gangguan atau kerusakan maka itu artinya ada hal yang tidak wajar sedang terjadi.

Salah satu gangguan kecil yang sering dihadapi para wanita adalah rambut bercabang, apalagi bagi wanita yang memilih untuk memanjangkan rambut mereka.

Untuk mengurangi kerusakan tersebut, perlu dilakukan beberapa metode di bawah ini. Berikut ini adalah cara mengurangi rambut bercabang seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Mencari tahu penyebabnya

Sebelum mulai mengobati kerusakan tersebut, hal paling penting yang musti dilakukan adalah mencari tahu apa penyebabnya. Dengan mengetahui penyebab tersebut kita bisa menghindari masalah yang sama di kemudian hari.

Caranya adalah memeriksa kembali produk perawatan rambut yang biasa kita gunakan sebelumnya, perhatikan apakah produk tersebut memang cocok untuk rambut kita atau tidak. Selain itu check pula kandungan dalam produk tersebut, bila ditemukan senyawa kimia atau bahan berbahaya maka kerusakan yang sedang dialami mungkin diakibatkan oleh penggunaan produk tersebut.

Penggunaan produk perawatan yang salah menjadi salah satu penyebab berbagai jenis kerusakan rambut pada wanita, jadi berhati-hatilah saat memilih produk perawatan tertentu.

Gunakan krim pelindung

Mulailah untuk menggunakan krim pelindung dari sinar matahari atau suhu tinggi jika kerusakan ini diakibatkan oleh faktor lingkungan dan cuaca. Suhu yang panas dapat mengikis kelembaban alami rambut sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan parah.

Krim ini bisa kita dapatkan di toko kecantikan terdekat, atau tanyakan langsung pada dokter produk pelindung apa yang sebaiknya digunakan.

Gunakan kondisioner

Intensitas penggunaan kondisioner ditentukan oleh tingkat keparahan yang sedang terjadi, jika sudah cukup parah maka gunakan kondisioner setiap hari. Namun jika kerusakan tersebut tidak terlalu parah maka cukup gunakan tiga hari sekali.

Jangan menggosok rambut

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah jangan menggosok rambut dengan apapun, menggosok rambut dengan kain atau benda lain dapat merusak batang rambut. Biarkan rambut mengering dengan sendirinya, ini lebih aman dibanding menggosokkan handuk atau kain.

Hentikan penggunaan aksesoris

Beberapa jenis aksesoris juga dapat menyebabkan kerusakan, salah satunya adalah karet pengikat. Rambut yang diikat dalam waktu lama dapat berkurang kekuatannya sehingga mudah rontok dan terlihat lebih kusam karena stres.

Jangan gunakan hair dryer

Seperti dijelaskan di atas bahwa suhu panas dapat menyebabkan rambut kehilangan kelembaban alaminya, oleh sebab itu kurangi penggunaan hair dryer dan beralihlah ke metode yang lebih aman.

tags: