Cara mengobati penipisan rambut dengan telur

mengobati penipisan rambutPenipisan pada rambut terjadi ketika kulit kelapa dan folikel tidak mendapat asupan nutrisi dan vitamin dalam jumlah tepat, hal ini pernah kita bahas dalam banyak kesempatan.

Celakanya lagi gangguan tersebut biasanya mengarah pada kerontokan rambut secara permanen dan lebih umum menimpa wanita. Oleh sebab itu perlu dilakukan pencegahan sedini mungkin dan penanganan cepat agar tidak terjadi kebotakan pada kita.

Sebenarnya penipisan yang terjadi pada kaum wanita menunjukkan pola kebotakan yang sedang terjadi, memang sedikit berbeda dengan pria. Bila pada pria kebotakan yang terjadi dimualai dari samping. atas dan depan kepala, maka pada perempuan lebih merata.

Artinya adalah kerontokan yang terjadi pada wanita bisa meliputi dari arah samping, depan, belakang dan atas rambut mereka. Sekilas tidak akan terlilhat perbedaannya. namun lambat laun rambut akan menipis dan pola kebotakan tersebut dapat terlihat dengan mudah.

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk menghentikan hal tersebut? Banyak, beberapa diantaranya telah kita bahas di halaman ini [Baca: Cara mengatasi penipisan rambut].

Lalu apakah hanya cara itu saja yang menjadi pilihan kita? Tentu saja tidak, masih ada beberapa langkah alternatif lainnya yang bisa kita coba.

Berikut adalah cara mengobati penipisan rambut dengan menggunakan telur sebagai medianya.

1. Kuning telur dan minyak zaitun

Keduanya memiliki nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh folikel dan kulit kepala agar tetap sehat dan tidak mengganggu proses pertumbuhan rambut.

Meskipun penggunaan minyak zaitun dalam menumbuhkan rambut belum dapat dibuktikan secara medis, namun telah terbukti dapat mencegah kerontokan dan penipisan pada rambut.

Oleh sebab itu, kombinasi antara minyak zaitun dan kuning telur telah diakui dalam dunia kecantikan sebagai dua hal yang bisa digunakan untuk mengurangi dan mencegah kerontokan.

Untuk melakukannya kita perlu menyiapkan beberapa bahan berikut:

  • Dua kuning telur
  • Dua sendok makan minyak zaitun

Setelah semuanya telah kita dapatkan, masukkan kedua bahan tersebut ke dalam mangkuk kemudian aduk hingga rata. Terapkan pada kulit kepala sambil melakukan pemijatan.

Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin sampai bersih. Kita juga bisa menggunakan shampoo ringan untuk mengangkat semua noda masker tersebut.

2. Minyak biji rami dan telur

Menurut Melanie A. Sachs, seorang penulis buku Ayurvedic Beauty Care menyatakan bahwa kombinasi telur dan minyak biji rami dapat mengurangi kerontokan rambut.

Sebelum melakukannya kita siapkan dua bahan alami berikut ini:

  • Dua butir telur
  • Dua sendok makan biji rami

Minyak biji rami bisa kita dapatkan di toko penjual makanan atau toko kecantikan di sekitar tempat tinggal kita. Setelah semuanya siap, kita campurkan kedua bahan di atas kemudian aduk sampai rata.

Perlu diperhatikan bahwa kita menggunakan semua bagian telur baik putih ataupun kuningnya.

Setelah diaduk beberapa saat, terapkan ke kulit kepala dan diamkan selama beberapa menit lalu bilas hingga bersih.

Lakukan tips-tips di atas sedikitnya satu kali sehari, namun jika menimbulkan iritasi maka hentikan penggunaannya.

tags: