Cara menghilangkan warna kemerahan pada jerawat

warna kemerahan pada jerawatSaat kulit bermasalah dengan jerawat maka akan terjadi peradangan dan bahkan iritasi pada bagian tersebut, jika ini terjadi maka biasanya jerawat akan berwarna merah.

Ini tentu saja sangat mengganggu penampilan karena warnanya begitu mencolok dan mudah terlihat oleh orang sekitar. Kita mungkin bisa menyamarkannya dengan mengikuti tahapan yang ada di halaman berikut [Baca: cara menyamarkan bekas jerawat], meskipun demikian alangkah lebih baiknya lagi jika gangguan tersebut bisa kita hilangkan secara tuntas, bukan sekedar menyamarkannya.

Untuk menghilangkan atau mengurangi warna kemerahan pada bagian wajah tertentu akibat peradangan, kita bisa mengikuti beberapa langkah mudah yang akan disampaikan dalam artikel ini.

Berikut adalah cara menghilangkan atau mengurangi warna kemerahan pada jerawat seperti dikutip dari beberapa pakar kecantikan kulit.

1. Gunakan tabir surya

Bagian tubuh yang ditumbuhi jerawat akan sangat sensitif terhadap sinar matahari, jika jerawat tidak terlindungi dengan baik maka sinar matahari tersebut memicu terjadinya oksidasi sehingga warna kulit akan berubah menjadi kemerahan.

Gunakan produk pelembab yang tepat, karena jika tidak maka usaha kita akan sia-sia belaka. Pilihlah produk pelembab dengan tingkat SPF 15 atau lebih.

2. Gunakan teh celup

Teh celup bukan hanya bisa dijadikan sebagai minuman sehat, namun juga dapat meredakan peradangan dan iritasi yang mengakibatkan warna kemerahan pada kulit.

Hal ini bisa terjadi karena teh mengandung zat bernama tanin. Tanin inilah yang membantu kita dalam meredakan iritasi serta warna merah pada bagian jerawat.

Caranya cukup mudah, kita hanya perlu merendam teh celup tersebut ke dalam air dingin selama beberapa saat kemudian letakkan pada bagian kulit yang bermasalah.

Tunggu selama 15 atau 20 menit lalu bersihkan. Ulangi langkah tersebut sedikitnya dua kali sehari.

3. Gunakan masker oatmeal

Masker ini sudah banyak di jual di toko kecantikan dengan harga yang cukup murah. Selain dapat dibeli, kita juga bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan oatmeal dan madu.

Cukup campurkan setengah gelas kecil oatmeal dan madu lalu terapkan ke wajah, diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air dingin.

4. Gunakan produk anti iritasi

Tidak ada salahnya menggunakan produk yang dapat meringankan iritasi atau peradangan. Produk seperti ini banyak kita jumpai di toko atau mini market terdekat.

Harganya pun relatif murah sehingga bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Cukup oleskan produk tersebut ke bagian wajah dengan mengikuti semua aturan pakai yang terdapat pada kemasannya.

Masih banyak cara dan alternatif lain yang bisa kita gunakan, beberapa diantaranya akan kita bahas di kesempatan mendatang. Semuanya akan dijelaskan sejelas mungkin agar semua pembaca tahu betul bagimana menghadapi sekaligus mengatasi persoalan tersebut.

Bila ditemukan keterangan yang masih membingungkan, silahkan tanyakan langsung.

tags: