Cara menghilangkan uban

cara menghilangkan ubanUban bisa disebabkan oleh banyak hal seperti stress, faktor genetik sampai dengan kekurangan gizi. Apapun penyebabnya yang jelas masalah ini banyak diderita orang bahkan kalangan remaja sekalipun.

Untungnya banyak cara yang bisa dipilih untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan beberapa resep di halaman ini sambil mengubah gaya hidup.

Namun sebelum itu biasakan diri kita untuk memeriksakan kondisi kesehatan pada dokter terkait sebelum mulai melakukan perawatan agar usaha tidak sia-sia dan terhindar dari segala kemungkinan buruk.

Berikut adalah cara menghilangkan uban seperti dikutip dari beberapa pakar rambut ternama dan pernyataan para ahli yang dimuat dalam sebuah jurnal.

Bahan yang dibutuhkan

  • Bubuk chamomile
  • Bubuk henna
  • Mentega
  • Bubuk garam
  • Teh hitam
  • Minyak kelapa/zaitun
  • Air mendidih
  • Mangkuk

Untuk bubuk chamomile dan henna bisa kita dapatkan di toko penjual peralatan kecantikan atau toko makanan terdekat, untuk besarnya jumlah yang akan kita gunakan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Langkah kesatu

Tuangkan air mendidih secukupnya ke dalam mangkuk berukuran kecil, kemudian masukkan bubuk henna dan bubuk chamomile. Aduk keduanya sampai rata dan membentuk pasta.

Setelah pasta tersebut jadi oleskan pada rambut kemudian diamkan selama 20 menit atau lebih. Bilas sampai bersih menggunakan air biasa lalu keringkan.

Langkah ini dilakukan sebagai langkah sementara untuk menghilangkan warna rambut abu-abu, ini hanya sementara dan tidak berlaku secara permanen.

Langkah kedua

Ubah pola makan kita ke pola yang lebih sehat seperti membiasakan diri untuk memakan kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau dan daging tanpa lemak.

Dengan mengkonsumsi makanana di atas maka melanin tubuh akan meningkat, melanin sendiri merupakan pigmen alami rambut kita. Jumlahnya terus menyusut seiring dengan bertambahnya usia ataupun pola makan tidak sehat.

Langkah ketiga

Ambil mentega secukupnya lalu lembutkan, setelah lembut oleskan pada seluruh helaian rambut secara merata dan tunggu selama 5 menit. Bilas sampai bersih kemudian keringkan.

Mentega digunakan karena dapat meningkatkan produksi dan jumlah melanin pada rambut, oleh sebab itu langkah ini sangat baik bila dikombinasikan dengan langkah kedua.

Langkah keempat

Atur pernafasan minimal dua kali sehari, aktifitas ini dilakukan untuk meredakan stress dan depresi. Seperti disebutkan di awal artikel ini bahwa penyebab munculnya uban salah satunya adalah karena stress.

Langkah kelima

Siapkan satu sendok bubuk garam kemudian masukkan ke dalam satu cangkir teh hitam, aduk sampai rata kemudian oleskan pada rambut dan diamkan selama 5 menit.

Lakukan setiap hari minimal satu kali sampai kita melihat hasilnya. Semua langkah di atas terutama langkah mulai dari nomor urut dua dan seterusnya sangat dianjurkan untuk dijalankan setiap hari sampai masalah uban benar-benar teratasi.

Langkah tersebut memperbaiki kesehatan rambut sehingga kita tidak lagi menemukan rambut beruban, beda jika cara yang dijalankan hanya langkah pertama saja.

tags: