Cara menghilangkan pigmentasi akibat jerawat

menghilangkan pigmentasiPigmentasi adalah perubahan warna kulit menjadi lebih gelap yang diakibatkan oleh jerawat atau gangguan kulit lainnya. Kasus ini lebih dikenal dengan nama postinflammatory hyperpigmentation atau PIH.

Pigmentasi sendiri bukan meruapakan kerusakan jaringan kulit permanen, artinya masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah jika cara yang kita gunakan tepat sasaran.

Pigmentasi sendiri terjadi karena peradangan yang berlangsung secara terus-menerus dan umumnya lebih sering menimpa seseorang yang berkulit gelap.

Lamanya waktu pengobatan yang dibutuhkan sudah barang tentu bergantung dengan tingkat keparahan yang diderita oleh masing-masing orang. Namun sekalilagi perlu digarisbawahi, jika solusi dan langkah yang kita pilih tepat maka besar kemungkinan masalah tersebut dapat segera kita atasi.

Berikut ini adalah cara menghilangkan pigmentasi akibat jerawat atau gangguan kulit lainnya seperti peradangan dan iritasi.

Tahap pertama

Biarkan kulit melakukan penyembuhan dengan sendirinya seiring berjalannya proses regenerasi jaringan kulit, meskipun waktu yang dibutuhkan bisa memakan waktu berbulan-bulan namun kebanyakan orang justru memilih cara ini.

Teori ini dikuatkan oleh pernyataan American Academy of Dermatology, PIH akan memudar dengan sendirinya tanpa perlu melakukan apapun juga.

Tahap kedua

Gunakan krim atau produk perawatan yang ditujukan untuk mengatasi masalah pigmentasi, produk seperti ini sudah banyak dijual di toko kecantikan atau toko obat.

Selain produk yang fokus terhadap masalah pigmentasi, kita juga bisa menggunakan produk yang bisa mencerahkan kulit.

Tahap ketiga

Ikuti semua tips yang perna dijelaskan beberapa hari yang lalu [Baca: Tips mencerahkan kulit secara alami], ada empat hal yang harus kita lakukan berdasarkan apa yang tertera di halaman tersebut.

Jalankan semua langkah-langkah tersebut mulai dari point pertama sampai point terakhir. Lakukan secara teratur dan berkelanjutan sampai masalah yang kita hadapi benar-benar dapat diatasi.

Tahap keempat

Langkah selanjutnya yang bisa kita coba adalah dengan menggunakan masker alami, masker ini terbuat dari berbagai bahan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang dapat mencerahkan wajah dan memutihkannya.

Beberapa bahan tersebut meliputi jeruk, putih telur, mangga, madu dan lain sebagainya. Untuk mengetahui bahan apa saja yang digunakan dan cara pembuatannya, silahkan baca di halaman berikut [Baca: cara mencerahkan wajah].

Meskipun dilakukan secara tradisional dan sangat sederhana namun semua tips tersebut sudah diakui keampuhannya dalam dunia kecantikan. Bukan hanya lokal tapi juga kalangan internasional.

Dengan memilih beberapa solusi yang telah dijelaskan di atas, kita bisa segera menghilangkan gangguan pigmentasi dan mengembalikan warna kulit kita ke asalnya.

Jangan lupa untuk selalu membiasakan diri mengkonsumsi makanan bervitamin A, C dan E agar pergantian kulit dapat berlangsung lancar. Kita juga membutuhkan cukup air agar metabolisme tubuh tidak mengalami gangguan akibat dehidrasi.

tags: