Cara menghilangkan lubang bekas jerawat

cara menghilangkan lubang bekas jerawatMasalah jerawat memang tidak hanya berhenti sampai jerawat berhasil dihilangkan, gangguan tersebut akan berlanjut pada noda yang ditinggalkannya. Noda atau bekas jerawat pada umumnya meninggalkan kerusakan jaringan yang tidak terlalu parah sehingga dalam beberapa hari ke depan dapat hilang dengan sendirinya.

Namun pada beberapa kasus, noda jerawat bisa meninggalkan lubang. Lubang akibat jerawat ini terjadi ketika jaringan sel kulit mengalami kerusakan dan tubuh tidak dapat meregenerasi kembali jaringan tersebut.

Meskipun terdengar mengerikan namun American Academy of Dermatology menyatakan banyak cara dan metode yang bisa dilakukan untuk mendangkalkan atau menghilangkan lubang tersebut.

Berikut adalah beberapa langkah dan cara menghilangkan lubang bekas jerawat seperti yang telah direkomendasikan oleh American Academy of Dermatology.

Cara kesatu

Tahap pertama adalah proses penyembuhan, proses ini baru selesai setelah gangguan jerawat benar-benar telah diatasi. Biasanya dokter akan memberikan krim yang mengandung retinoid untuk menghilangkan masalah jerawat. Setelah masalah tersebut dapat dikendalikan baru dokter akan memutuskan metode apa yang sebaiknya kita jalankan.

Cara kedua

Setelah tahap pertama telah kita lewati, maka metode paling umum yang biasa direkomendasikan oleh dokter adalah terapi laser. Terapi ini dilakukan di dokter kulit atau bisa dilakukan sendiri.

Metode ini merupakan salah satu cara yang paling banyak dianjurkan oleh para ahli, selain relatif aman, keampuhannya pun telah banyak dibuktikan oleh para pasien.

Untuk memahami lebih lanjut tentang terapi laser, silahkan baca beberapa artikel di halaman ini [Baca: Terapi laser untuk mengatasi jerawat]. Di halaman tersebut semua informasi yang berhubungan dengannya telah diulas secara detail mulai dari manfaat, efek samping dan bagaimana cara melakukannya di rumah.

Cara ketiga

Selain melakukan terapi laser, kita juga bisa memilih untuk melakukan pembedahan. Pembedahan hanya bisa dilakukan oleh dokter ahli dan ditujukan untuk mengangkat semua jaringan yang rusak dan menginduksi protein ke dalamnya sehingga lubang akan terlihat lebih dangkal.

Cara keempat

Alternatif lain yang bisa dicoba untuk mengatasi lubang bekas jerawat adalah dengan terapi sintesis kulit. Langkah ini hanya bersifat sementara dan hasilnya hanya akan bertahan selama tiga bulan. Oleh sebab itu kita harus mengulangi prosedur tersebut setiap tiga bulan sekali.

Cara kelima

Alternatif terakhir yang bisa kita jalankan adalah dengan mengoleskan senyawa kimia. Senyawa ini bersifat asam dan berfungsi untuk mengangkat seluruh lapisan sel kulit mati sehingga kulit dapat kembali beregenerasi.

Untuk menghilangkan lubang yang diakibatkan oleh jerawat memang tidak bisa hanya mengandalkan obat tradisional atau krim biasa. Masalah ini hanya bisa ditangani oleh dokter kulit, oleh sebab itu jangan mudah percaya dengan beberapa produk yang mengklaim dapat menghilangkan lubang akibat jerawat.

tags: