Cara menghilangkan komedo dengan minyak zaitun

menghilangkan komedo dengan minyak zaitunKomedo berasal dari penyumbatan yang terjadi pada pori-pori, memiliki bentuk seperti bintik-bintik kecil dan cenderung berwarna hitam meskipun pada beberapa kasus berwarna putih.

Tulisan ini hanya digunakan sebagai pelengkap tips yang sebelumnya pernah ditulis di halaman berikut [Baca: Cara menghilangkan komedo dengan masker telur].

Selain menggunakan telur, minyak zaitu bisa kita jadikan sebagai alternatif lain untuk menghilangkan gangguan komedo. Minyak ini bekerja dengan cara masuk ke dalam pori-pori dan memudahkan kita untuk mengeluarkan segala hal yang dapat menjadi penyumbat.

Berikut adalah cara menghilangkan komedo dengan menggunakan minyak zaitun seperti dilansir dari jurnal kecantikan kulit.

Bahan dan peralatan

Kita hanya membutuhkan dua bahan yang harus dipersiapkan sebelumnya, berikut bahan dan alat yang dibutuhkan:

  • Minyak zaitun secukupnya
  • Kain lap lembut

Sangat sederhana dan simpel bukan? Minyak zaitun bisa kita dapatkan di toko atau supermarket yang menjual bumbu masak, bisa juga didapat di toko kecantikan karena minyak ini pun sering digunakan dalam dunia kecantikan.

Setelah kedua bahan tersebut telah kita siapkan, silahkan ikuti langkah sederhana di bawah ini.

Cara pembuatan

Tuangkan sedikit minyak zaitun ke telapak tangan lalu terapkan ke wajah sambil melakukan pemijatan agar peredaran darah pada bagian tersebut lancar dan semua kotoran yang berada pada permukaan kulit atau pori-pori dapat terangkat.

Setelah proses pemijatan selesai, tunggu selama 15 sampai 20 menit sampai minyak zaitun meresap dan mengering.

Setelah kering, celupkan kain lembut ke dalam air hangat lalu usapkan ke wajah. Hal ini dilakukan untuk mengangkat sisa noda atau bekas minyak zaitun yang masih menempel sekaligus membersihkan semua kulit mati yang telah terangkat.

Selain dengan kain lap, kita juga bisa menggunakan uap panas untuk membuka semua pori-pori. Caranya cukup mudah dan sering dijelaskan dalam beberapa kesempatan terdahulu.

Masukkan air panas ke dalam sebuah mangkuk kemudian tutupi seluruh bagian rambut dengan handuk untuk melindunginya dari kehilangan kelembaban akibat uap panas.

Setelah seluruh rambut terlindungi, dekatkan wajah kita ke mangkuk tersebut agar uap yang dikelurakan air tersebut mengenai kita. Tunggu beberapa saat sampai seluruh wajah merasakan sensasi panas.

Gunakan kain lembut atau handuk untuk menyeka keringat pada wajah lalu tunggu sekitar 30 menit kemudian bersihkan dengan air dingin agar pori-pori kembali tertutup.

Dengan menjalankan semua langkah di atas secara teratur selama kurang lebih satu minggu, mudah-mudahan komedo yang mengganggu penampilan kita dapat segera dilenyapkan.

Perlu diperhatikan sekalilagi bahwa, waktu yang dibutuhkan mungkin berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Oleh sebab itu lakukan terus sampai gangguan tersebut benar-benar dapat kita tuntaskan.

tags: