Cara menghilangkan keriput di wajah

cara menghilangkan keriputNormalnya keriput mulai muncul pada usia 40 tahun ke atas, namun karena berbagai sebab gangguan tersebut bisa hadir lebih awal baik pada wanita maupun pria.

Keriput yang muncul sebelum waktunya biasa kita namakan dengan tanda penuaan dini. Masalah ini lebih disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang salah sehingga membuat kulit tidak mendapatkan asupan vitamin dan nutrisi seimbang.

Paparan sinar matahari juga berperan penting terhadap kerusakan organ ini, sinar ultraviolet diketahui sebagai salah satu penyebab utama kerusakan kulit.

Apakah gangguan tersebut bisa dihilangkan dan kehalusan kulit bisa dikembalikan seperti sedia kala? Jawabnya adalah ‘Bisa’, ikuti beberapa langkah mudah di bawah ini untuk menghilangkan tanda penuaan tersebut.

Berikut adalah cara menghilangkan keriput di wajah seperti dikutip dari beberapa sumber ahli.

1. Hindari sinar matahari

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa paparan sinar matahri dapat merusak jaringan kulit, meskipun sepintas sinar tersebut tidak menimbulkan kerusakan namun bila kulit terlalu lama terpapar oleh matahari maka lambat laun tanda kerusakan mulai terlihat.

American Academy of Dermatology menyatakan bahwa jika kita hendak beraktifitas di bawah terik matahari maka sebaiknya gunakan tabir surya yang memiliki SPF 30 ke atas. Tingkat SPF di atas dianggap dapat mencegah dan menangkal bahaya yang mungkin ditimbulkan oleh radiasi sinar matahari.

Ini adalah syarat utama jika menginginkan wajah bebas tanda penuaan seperti keriput, garis halus, flek hitam dan bercak putih.

2. Mengangkat permukaan kulit

Mengangkat atau pengelupasan permukaan kulit secara teratur dan berkesinambungan telah terbukti ampuh dan banyak dianjurkan oleh pakar kulit dalam mengurangi kerutan di wajah.

Kita bisa menggunakan bahan tradisional seperti gula dan jeruk lemon atau dengan menggunakan produk komersil yang mudah ditemukan di toko terdekat.

Proses ini diperlukan agar kulit dapat bernafas lebih baik dan proses regenerasi bisa berjalan sebagaimana mestinya. Permukaan kulit yang telah mati hanya akan membuat penampilan kita terlihat menyeramkan, jadi tidak ada alasan untuk melewatkan langkah ini.

3. Gunakan krim anti-aging

Untuk mendapatkan hasil nyata, perlu diperhatikan kandungan dari krim atau produk anti penuaan tersebut. Bahan aktif yang dianggap mampu mengurangi kerutan adalah retinol atau bentuk lain dari vitamin A.

Teori ini kembali ditegaskan oleh Universitas Maryland Medical Center yang mengungkapkan bahwa retinol adalah salah satu senyawa yang terbukti khasiatnya dalam menghilangkan kerutan sekaligus mengembalikan elastisitas kulit dan tingkat kolagen.

4. Gunakan pelembab

Bukan sembarang pelembab, kita membutuhkan produk pelembab yang terbuat dari bahan-bahan yang memiliki sifat antioksidan tinggi seperti lidah buaya, apel, jeruk dan buah-buahan lainnya.

Silahkan lihat pada label dalam kemasan produk pelembab tersebut, kita akan mudah mengetahui bahan apa saja yang digunakan untuk membuat produk tersebut.

tags: ,