7 Cara Menghilangkan Jerawat di Badan

cara menghilangkan jerawat di badanJerawat bukan hanya dapat muncul di wajah atau daerah sekitarnya, namun bisa juga tumbuh di leher bahkan punggung.

Meskipun kasus ini jarang terjadi, namun bisa saja suatu saat menimpa anda. Sebelum itu terjadi, tidak ada salahnya untuk mempelajari bagaimana langkah pencegahan dan cara menghilangkan jerawat di badan berikut ini.

Di bawah ini merupakan tujuh cara menghilangkan jerawat di badan seperti dikutip dari beberapa sumber.

1. Kurangi makanan gorengan

Mengkonsumsi makanan gorengan dapat meningkatkan produksi minyak dalam tubuh, selain dapat menyebabkan kegemukan, pori-pori kulit bisa tersumbat karena minyak berlebih.

Jika sudah begini, maka kita akan rentan dengan masalah jerawat dan gangguan kulit lainnya.

Oleh karena itu, kurangi mengkonsumsi makanan gorengan untuk menghindari munculnya jerawat pada wajah dan tubuh.

2. Oleskan gel lidah buaya

Gel atau daging lidah buaya bukan hanya dapat menenangkan peradangan di kulit dan melembabkannya, namun juga diketahui mampu menyerap minyak berlebih di kulit.

Oleskan daging lidah buaya di permukaan jerawat secara teratur untuk meringankan peradangan akibat jerawat dan tentunya mempercepat penyembuhan jerawat.

Langkah ini bisa pula diterapkan untuk mengobati jerawat di wajah dan sekitarnya.

3. Mandi secara teratur

Normalnya, manusia membutuhkan mandi dua kali sehari. Jika ini merupakan kebiasaan anda, maka terus lakukan.

Ini adalah salah satu cara untuk menjaga kulit tetap bersih sehingga mengurangi resiko atas infeksi yang disebabkan oleh bakteri pemicu jerawat.

4. Gunakan minyak pohon teh

Minyak pohon teh memiliki sifat anti bakteri. Seperti diketahui bahwa penyebab utama jerawat adalah bakteri.

Cukup oleskan minyak pohon teh secara teratur sampai jerawat di badan benar-benar teratasi.

5. Minum air putih

Cara menghilangkan jerawat di badan selanjutnya adalah dengan meminum banyak air putih. Seperti kita ketahui bahwa air putih bisa membilas segala racun dan kotoran dari dalam tubuh lalu mendorongnya keluar.

Selain fungsi tersebut, air putih juga dapat menyeimbangkan hormon. Perlu diketahui bahwa ketidak seimbangan hormon menjadi salah satu pemicu jerawat.

6. Ganti sabun mandi anda

Jika semua cara menghilangkan jerawat di badan tersebut belum mampu mengatasi masalah anda, maka mungkin pemicunya berasal dari sabun mandi anda.

Coba ganti sabun mandi sementara dan beralih ke sabun anti bakteri. Kunjungi dokter untuk mendapat rekomendasi terbaik terkait sabun untuk jenis kulit anda.

7. Ganti deterjen

Deterjen yang kita gunakan untuk mencuci baju juga bisa menyebabkan munculnya jerawat di badan. Jika anda yakin bahwa deterjen menjadi penyebab utamanya, maka cobalah beralih ke produk deterjen yang lebih ringan namun ampuh dalam menghilangkan bakteri.

Itulah ketujuh cara menghilangkan jerawat di badan. Jika setelah melakukan semua langkah di atas namun masalah belum juga teratasi, kami sarankan segera kunjungi dokter kulit terdekat.

Baca pula beberapa tips menghilangkan jerawat yang telah kami share sebelumnya.

tags: