Cara menghilangkan jerawat di sekitar mata

cara menghilangkan jerawat di sekitar mataJerawat memang bisa muncul di bagian tubuh manapun, tidak jarang pula kita temukan jerawat yang berada di sekitar mata. Metode pengobatan yang diperlukan mungkin sama namun perlu kehati-hatian lebih saat mengobatinya karena jika tidak maka dapat berpotensi merusak mata.

Berikut ini adalah langkah-langkah dan cara menghilangkan jerawat di sekitar mata seperti dilansir oleh Mayo Clinic.

Langkah pertama

Gunakan produk pembersih lembut yang memiliki pH seimbang, lakukan dengan hati-hati dan lembut saat membersihkannya. Hindari menggosok bagian mata karena dapat menyebabkan iritasi, cukup lakukan dengan gerakan melingkar.

Setelah yakin semua noda dan kotoran terangkat, bilas sampai bersih dengan air. Pastikan busa dari produk pembersih tersebut tidak masuk ke mata.

Langkah kedua

Pada tahap ini kita bisa menggunakan anti bakteri yang tebuat dari minyak pohon teh, lidah buaya atau minyak lavender. Penggunaan antibakteri yang mengandung bahan kimia tidak dianjurkan karena area ini sangat sensitif dan mudah terkena alergi serta iritasi.

Sifat antibakteri yang terdapat dalam lidah buaya, minyak lavender dan minyak pohon teh dikenal mampu membasmi seluruh jenis bakteri tanpa harus membuat kulit kering.

Pembasmian bakteri ini dimaksudkan untuk menghilangkan pemicu gangguan jerawat karena kita tahu bahwa pemicu utama gangguan ini adalah infeksi bakteri yang disertai dengan penyumbatan pori dan produksi minyak berlebih.

Langkah ketiga

Untuk sementara kita dianjurkan untuk tidak menggunakan produk kecantikan seperti makeup dan lain sebagainya, namun bila keadaan memaksa maka kita bisa mencoba makeup yang mengandung zinc. Zinc adalah mineral penting yang diketahui dapat mengurangi masalah jerawat.

Penghentian sementara ini dimaksudkan agar pori terhindar dari penyumbatan yang dapat mengakibatkan bertambah parahnya jerawat tersebut.

Langkah keempat

Jalankan terapi laser dingin, terapi ini dikenal sebagai salah satu metode pengobatan jerawat yang paling manjur dibanding dengan metode lainnya seperti menggunakan krim anti jerawat dan lainnya.

Terapi ini bisa kita lakukan sendiri di rumah jika semua perangkat yang diperlukan telah kita miliki, untuk satu set perangkat dibanderol antara 3 sampai 4 juta rupiah tergantung dari merk produk tersebut.

Bisa juga dilakukan di salon atau dokter kulit, opsi ini lebih dianjurkan dibanding opsi pertama karena dapat meminimalisir kesalahan yang mungkin kita perbuat.

Namun bila kita merasa cukup yakin untuk melakukannya sendiri maka silahkan lakukan namun dengan catatan harus dilakukan secara hati-hati. Untuk mengetahui bagaimana cara melakukannya, silahkan baca panduannya di halaman berikut [Baca: Cara melakukan terapi laser di rumah untuk menghilangkan jerawat].

Keempat langkah di atas khusus digunakan untuk mengatasi masalah jerawat yang berada di area mata. Kita tidak menggunakan krim benzoil peroksida seperti yang biasa kita lakukan untuk mengatasi gangguan yang berada di pipi, dahi, leher dan hidung.

tags: