Cara menghilangkan jerawat di pipi

jerawat di pipiJerawat bisa tumbuh di mana saja, namun yang biasanya terkena masalah ini adalah daerah yang paling banyak memproduksi minyak seperti dahi, hidung, pipi, leher dan punggung.

Apakah perawatan yang dilakukan berbeda tergantung dari dimana jerawat itu tumbuh? Ada sedikit perbedaan dalam memperlakukan jerawat di hidung dan pipi, meskipun memang tidak terlalu signifikan namun hal ini akan membuat usaha yang kita lakukan lebih maksimal lagi.

Berikut adalah cara menghilangkan jerawat di pipi seperti dikutip dari berbagai sumber ahli dan terpercaya.

Langkah kesatu

Masukkan air panas secukupnya ke dalam mangkuk berukuran sedang, kemudian campurkan minyak pohon teh ke dalamnya. Tutup bagian rambut dengan handuk atau kain yang dapat mencegah datangnya suhu panas pada rambut.

Setelah itu dekatkan wajah pada mangkuk tersebut sedekta tiga sampai empat inci, tahan proses ini selama 10 menit agar pori-pori terbuka dan semua minyak dapat larut.

Langkah kedua

Keringkan wajah kita dengan kain lembut atau handuk, ingat jangan sampai menggosok wajah dengan kain tersebut. Ini isa menyebabkan iritasi dan perpindahan bakteri penyebab jerawat.

Lakukan secara lembut tanpa harus menggores kulit, akan lebih baik lagi bila kain tersebut hanya kita gunakan untuk menyerap air dan untuk mengeringkannya biarkan udara di sekitar yang bekerja.

Langkah ketiga

Siapkan beberapa butir kacang almond lalu tumbuk semuanya sampai halus, tumbukan kacang ini akan berbentuk bubuk. Oleskan bubuk tersebut ke seluruh wajah yang ditumbuhi jerawat dan biarkan selama 10 menit sampai semua minyak dapat diserapnya.

Bilas dengan air bersih sampai semua noda bubuk benar-benar hilang, keringkan kembali wajah kita dengan mengikuti langkah yang telah dijelaskan di urutan nomor dua.

Langkah keempat

Masukkan tanah liat secukupnya ke dalam mangkuk, setelah wajah kering dan siap, kita bisa mengoleskan tanah liat tersebut ke wajah dan diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih untuk mengangkat nodanya.

Perlu diperhatikan bahwa tanah liat yang kita gunakan bukan tanah liat biasa, untuk mengetahui bahan dasar ini silahkan baca penjelasan kami di halaman ini [Baca: Cara membuat masker tanah liat].

Di halaman tersebut telah kami jelaskan apa yang dimaksud dengan bahan itu, dimana kita bisa memperolehnya dan berapa harganya. Penggunaan bahan ini adalah untuk menyerap minyak sekaligus mengangkat semua kulit mati.

Langkah kelima

Oleskan minyak lavender langsung ke seluruh bagian kulit yang bermasalah dengan gangguan tersebut, penggunaan minyak ini berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit sehingga dapat mencegah gangguan komplikasi lainnya seperti kulit kering dan pecah-pecah.

Sebenarnya kita bisa menggunakan minyak jenis lain yang memiliki khasiat dan faedah sama, silahkan lihat di halaman ini untuk mengetahui jenis minyak apa saja yang bisa kita gunakan [Baca: Tiga jenis minyak esensial].

tags: