Cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi

menghilangkan jerawat dengan pasta gigiMeskipun pasta gigi sebenarnya tidak didesain untuk menghilangkan jerawat, namun senyawa yang terdapat di dalamnya diketahui dapat meminimalisir dan menggantikan krim anti jerawat yang biasa kita gunakan.

Pasta ini bekerja dengan cara mengeringkan luka dan akibat gangguan kulit tersebut. Menurut Handbook of Dermatology, kita hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk mengatasi masalah jerawat tingkat ringan sampai sedang.

Sedangkan untuk gangguan yang sudah masuk pada tingkat berat maka para ahli lebih merekomendasikan orang untuk segera mengunjungi dokter kulit terdekat agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Jadi jika gangguan yang kita alami masih bersifat ringan atau sedang, silahkan gunakan pasta gigi untuk meringankan gangguan tersebut, cara dan langkahnya bisa anda baca di bawah ini.

Berikut ini adalah cara mengatasi dan menghilangkan jerawat dengan pasta gigi seperti dikutip dari beberapa sumber ahli.

Bahan yang dibutuhkan

  • Pasta gigi secukupnya
  • Facial cleanser atau pembersih wajah
  • Spon atau kain lap

Untuk pembersih wajah dianjurkan agar menggunkaan bahan alami supaya menurunkan resiko kulit terhadap alergi dan kekeringan. Silahkan lihat di halaman berikut untuk mengetahui langkah pembuatannya [Baca: Cara membuat scrub wajah].

Langkah dan tahap pembuatan

Pertama kali kita bersihkan wajah dengan menggunakan pembersih wajah buatan tangan kita sendiri, pastikan semua noda dan debu dapat terangkat secara sempurna.

Setelah itu keringkan dengan handuk lembut, jangan menggosoknya karena dapat menghilangkan kelembaban dan menyebabkan iritasi. Setelah benar-benar kering oleskan pasta gigi ke spon atau kain lap.

Kain lap atau spon ini digunakan untuk mengoleskan pasta ke bagian jerawat, hindari penggunaan tangan secara langsung saat mengoleskannya karena dapat menyebabkan berpindahnya bakteri.

Oleskan pasta pada daerah jerawat dan diamkan selama beberapa menit, namun untuk hasil yang lebih maksimal disarankan untuk meninggalkannya semalaman penuh.

Keesokan harinya pasta tersebut akan mengeras, bersihkan dengan air hangat lalu keringkan dengan kain lembut. Jika langkah ini dilakukan selama 3 sampai 6 hari berturut-turut maka hasilnya jerawat tidak akan ada lagi di wajah kita.

Perlu diperhatikan bahwa pasta gigi tidak didesain untuk perawatan kulit, oleh karenanya hindari penggunaan pasta pada daerah kulit yang tidak bermasalah.

Berhati-hati saat menggunakannya dan hanya dipakai ketika memang kita tidak memiliki krim anti-jerawat, jadi kesimpulannya adalah pasta ini hanya kita gunakan ketika tidak tersedia krim atau obat jerawat.

Jika memilikinya maka hal terbaik adalah menggunakan obat yang memang ditujukan untuk mengatasi persoalan tersebut. Untuk informasi lain akan kami sampaikan di kesempatan mendatang.

Jangan lupa pula untuk membaca artikel lainnya yang masih ada hubungannya dengan topik ini, silahkan lihat di halaman berikut ini [Baca: Kumpulan informasi jerawat dan komedo].

tags: