Cara menghilangkan jerawat dengan diet

menghilangkan jerawat dengan dietDiet di sini artinya mengatur pola makan sedemikian rupa sehingga tubuh dapat menyingkirkan semua bakteri dan kuman penyebab jerawat. Tidak seperti anggapan kebanyakan orang bahwa diet hanya berguna untuk menurunkan berat badan.

Dengan mengatur pola makan setiap harinya maka tubuh hanya akan mendapat asupan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkannya, keduanya berguna untuk membantu tubuh dalam melakukan berbagai proses alami.

Bila tubuh dalam keadaan sehat dan berfungsi secara normal maka dengan sendirinya dapat menangkal semua bentuk gangguan kesehatan baik pada organ bagian dalam maupun kulit.

Berikut adalah cara menghilangkan jerawat dengan diet seperti dikutip dari beberapa ahli kesehatan kulit.

1. Minum banyak air

Langkah pertama adalah dengan mencukupi semua kebutuhan tubuh terhadap air, perlu diingat bahwa hampir 70% tubuh kita terdiri dari air. Oleh sebab itu vitamin atau nutrisi apapun yang masuk ke dalam tubuh tidak akan berguna jika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Minumlah 7 sampai 8 gelas air setiap harinya agar metabolisme bekerja secara maksimal. Selain itu minum banyak air juga berguna untuk menjaga kelembaban pada kulit.

Kelembaban sangat berperan penting dalam mengatasi jerawat dari dalam, jika kulit kering maka dapat dipastikan gangguan tersebut semakin sulit untuk dilenyapkan.

2. Hindari makanan berindek glisemik tinggi

Makanan tersebut meliputi roti, makanan manis dan kue yang dijual bebas di toko makanan. Makanan tersebut biasanya mengandung banyak gula, dan seperti kita tahu bahwa gula dapat meningkatkan kadar insullin dalam tubuh.

Kadar insulin yang terlalu tinggi atau tidak stabil dapat menyebabkan jerawat, oleh sebab itu hindari semua jenis makanan dan minuman yang mengandung banyak gula.

3. Konsumsi sayuran hijau

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan dan diterbitkan dalam sebuah jurnal oleh Pacific College of Oriental Medicine menyatakan bahwa, sayuran hi8jau memiliki fungsi detoksifikasi tubuh.

Fungsi tersebut membuang racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat saluran pembuangan atau kelenjar keringat. Jika tubuh bebas racun maka gangguan kulit dapat dengan mudah diatasi.

4. Mengkonsumsi asam lemak

Asam lemak seperti Omega3 yang terdapat dalam ikan salmon dan makanan laut lainnya berperan dalam meredakan serta mencegah terjadinya peradangan pada kulit.

Jerawat seringkali menyebabkan peradangan yang bila tidak segera diatasi dapat menimbulkan masalah lainnya.

5. Lakukan pengobatan alami

Jika selama penggunaan produk anti jerawat komersil tidak menemukan kemajuan berarti, maka beralihlah pada pengobatan dengan menggunakan bahan alami.

Silahkan ikuti petunjuk yang terdapat di halaman berikut ini [Baca: 6 cara mudah menghilangkan jerawat secara alami], ikuti tahapan yang ada di urutan nomor 6 dan jalankan secara teratur.

Jangan dilakukan secara berlebihan karena meskipun bahan alami bukan berarti kita dapat seenaknya mempergunakan secara berlebihan. Sekali lagi ikuti semua arahan yang ada dalam artikel tersebut.

tags: