Cara menghilangkan jerawat batu

menghilangkan jerawat batuMenurut mayo clinic, jerawat batu merupakan bentuk terparah yang diakibatkan karena terjadinya penumpukan sel kulit mati dan minyak berlebih pada daerah di bawah permukaan kulit.

Bentuknya yang lebih besar menyebabkan gumpalan ini muncul ke permukaan dan membentuk jerawat berukuran besar dan kadang menimbulkan rasa sakit akibat peradangan yang diakibatkan olehnya.

Untuk mengatasi tipe seperti ini memang lebih sulit dan membutuhkan penanganan yang khusus, meski demikian tidak perlu takut karena ada perawatan tradisional yang bisa kita gunakan untuk mengatasinya.

Berikut adalah cara menghilangkan jerawat batu seperti yang dikutip dari beberapa sumber ahli yang sangat mengerti di bidangnya.

Bahan dan peralatan

Sebelum membuatnya, persiapkan dulu beberapa komponen dasar berikut ini:

  • Pembersih wajah yang lembut
  • Krim asam salisilat
  • Krim benzoil peroksida
  • Asam glikolat
  • Pelembab non-comedogenic
  • Suplemen zinc
  • Minyak pohon teh

Komponen atau bahan dasar di atas memang sebgian tidak bisa kita temukan di sekitar kita, untuk mendapatkannya silahkan kunjungi apotik terdekat, tidak perlu khawatir karena harganya relatif murah.

Langkah pembuatan

Setelah semua bahan tersebut berhasil kita dapatkan, ikuti panduan dan tahan berikut ini.

Mulailah dengan mencuci semua bagian wajah kecuali jerawat dengan menggunakan pembersih wajah yang sebelumnya telah kita sediakan, ingat, jangan terapkan pembersih wajah tersebut ke bagian jerawat, lewatkan bagian tersebut.

Setelah selesai, oleskan krim yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat ke jerawat batu secara merata, diamkan selama beberapa menit sesuai dengan petunjuk yang ada dalam kemasan produk tersebut.

Setelah langkah di atas selesai, mulailah untuk mengoleskan minyak pohon teh dengan menggunakan kapas atau kain lembut, minyak ini akan sangat efektif jika dikombinasikan dengan krim yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida.

Tunggu beberapa saat sampai minyak tersebut mengering lalu bilas dengan air dingin. Setelah selesai oleskan krim glikolat, krim ini berfungsi untuk mengangkat semua sel kulit mati dan minyak dari dalam pori-pori.

Selang beberapa menit, kita bilas kembali sampai sisa krim dan kulit mati terangkat sempurna, keringkan dengan kain lembut.

Jika semua langkah di atas selesai kita jalankan, kini saatnya mengoleskan pelembab non-comedogenic, pelembab berbasis cair ini berguna untuk melembabkan tanpa menyebabkan minyak berlebih.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi suplemen zinc secara teratur agar jerawat tersebut bisa kita sembuhkan bukan saja dari luar, namun juga dari dalam tubuh.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan cepat, kita juga bisa mengkombinasikan beberapa metode yang sebelumnya pernah kita ulas bersama.

Silahkan baca beberapa tips penting di halaman-halaman berikut ini [Baca: 6 cara mudah menghilangkan jerawat dan 6 vitamin penghilang jerawat].

Ikuti semua tahapan serta langkah yang terdapat pada kedua halaman tersebut agar masalah yang kita hadapi dapat teratasi secepat mungkin.

tags: ,