Cara menghilangkan bintik hitam di wajah

bintik hitam di wajahBintik hitam pada wajah pada mulanya merupakan komedo yang teroksidasi sehingga warnanya berubah menjadi lebih gelap. Oksidasi ini diakibatkan karena adanya paparan sinar matahari.

Meskiun sebagian besar dapat hilang dengan sendirinya, tentu saja membutuhkan waktu lama jika tidak disertai dengan perawatan khusus untuk menangani masalah tersebut.

Banyak cara dan produk yang ditawarkan, mulai dari produk berharga murah sampai produk berharga mahal. Semua tergantung budget dan pilihan kita masing-masing.

Terlepas dari itu semua, ada metode yang diakui keampuhannya dalam menghilangkan bintik hitam tersebut, hanya dengan menggunakan bahan alami yang mudah diperoleh, kita sudah memiliki produk perawatan yang tidak kalah ampuh dengan produk komersil lainnya.

Berikut adalah cara menghilangkan bintik hitam di wajah dengan menggunakan resep tradisional.

Peralatan dan bahan

Siapkan beberapa peralatan dan bahan-bahan dasar berikut ini:

  • Tiga sendok teh tepung jagung
  • Lumpur laut mati secukupnya
  • Wadah kedap udara
  • Satu buah mangkuk kecil
  • Dua tetes minyak esensial

Setelah bahan dan peralatan tersebut kita sediakan, ikuti langkah berikut ini.

Langkah dan cara pembuatan

Pertama kita masukkan lumpur ke dalam mangkuk kemudian campurkan dengan tepung jagung. Aduk sampai kedua bahan tersebut menyatu, setlah itu masukkan ke dalam wadah kedap udara dan simpan di tempat sejuk.

Setelah adonan tadi mengering, campurkan satu sendok teh air lalu aduk kembali sampai berbentuk pasta. Masukkan juga minyak esensial ke dalamnya.

Minyak esensial yang bisa digunakan seperti minyak pohon teh, minyak ini bisa kita dapatkan di toko kecantikan. Selain minyak pohon teh, kita juga bisa menggunakan minyak lavender sebagai alternatif atau penggantinya.

University of Maryland Medical Center menyatakan bahwa penggunaan minyak tersebut ditujukan agar semua bakteri dan kuman penyebab jerawat dapat sekaligus dihilangkan.

Setelah adonan jadi, kita bisa langsung menerapkannya pada bagian wajah yang bermasalah dengan bintik hitam tersebut, diamkan selama 15 menit kemudian bilas sampai bersih menggunakan air hangat.

Jika tips diatas dilakukan minimal 3 kali seminggu maka besar kemungkinan dalam satu minggu pertama kita sudah melihat hasilnya. Perlu diperhatikan bahwa meskipun bintik hitam termasuk gangguan ringan, kita tetap harus berkonsultasi dengan dokter.

Dalam banyak kasus, bintik hitam bisa diobati di rumah tanpa harus mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter, namun pada beberapa kasus lainnya, gangguan terebut tidak bisa bertahan sampai 2 minggu lamanya.

Jika kondisi ini terjadi pada kita, maka langkah terbaik adalah dengan mengunjungi dokter kulit terdekat untuk mengetahui keadaan kita sebenarnya.

Sekali lagi perlu ditegaskan, jika setelah menjalankan tips di atas gangguan tersebut tidak juga sirna, maka segeralah mengkonsultasikannya dengan dokter anda.

tags: