Cara menghilangkan bekas jerawat dengan tomat

cara menghilangkan bekas jerawat dengan tomatSeperti telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, kandungan likopen dalam tomat berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan agen perbaikan kolagen dan jaringan kulit.

Bekas yang ditinggalkan jerawat biasanya berupa kerusakan pada jaringan sehingga butuh langkah khusus yang dapat memperbaiki jaringan tersebut. Salah satu media yang bisa digunakan adalah tomat, teori ini didukung oleh berbagai hasil penelitian yang dilakukan para ahli dan lembaga kredibel di dunia.

Seperti dinyatakan oleh Cosmetic Dermatology bahwa untuk mengobati bekas jerawat membutuhkan waktu hingga 12 minggu lamanya, hal ini adalah waktu yang tidak terlalu lama mengingat kerusakan yang harus diperbaiki.

Namun bila setelah 12 minggu tidak ada hasil atau progres sama sekali maka segera kunjungi dokter kulit terdekat untuk mencari tahu gangguan apa yang sedang anda hadapi sebenarnya.

Lalu apakah benar buah ini dapat menghilangkan noda atau luka akibat jerawat? Manfaat dan khasiat buah ini tidak perlu diraguykan lagi, banyak bukti ilmiah yang mendukung teori tersebut.

Namun penting untuk diperhatikan bahwa pengobatan harus dilakukan secara teratur dan mengikuti segala aturannya, karena jika tidak maka hasil yang didapat mungkin tidak seperti yang kita harapkan.

Berikut adalah cara menghilangkan bekas jerawat dengan tomat seperti dikutip dari Cosmetic Dermatology.

Tahap satu

Siapkan beberapa buah tomat segar lalu iris tipis-tipis, pastikan kita mencucinya terlebih dahulu sebelum mengirisnya. Gunakan pembersih yang dapat menghilangkan seluruh bakjteri dan kuman dari tomat.

Tahap dua

Seperti yang telah dijelaskan oleh Braun-Falco’s Dermatology bahwa kita hanya perlu meletakkan irisan tomat tersebut di atas bekas atau noda jerawat. Biarkan selama 10 sampai 20 menit lalu angkat.

Selain licopen, tomat juga diketahui mengandung asam malat yang dapat membantu tubuh dalam meregenerasi jaringan kulit.

Tahap tiga

Cuci sampai bersih dengan air dingin lalu gunakan handuk atau kain lembut untuk mengeringkannya. Hindari menggosok bagian wajah dengan handuk karena dapat memicu iritasi.

Ketiga tahap di atas harus dilakukan setiap hari sedikitnya dua kali sehari, paling lambat 12 minggu bekas tersebut akan mulai memudar. Selain cara di atas, kita juga bisa menggunakan alternatif lain.

Caranya sangat mudah, cukup masukkan beberapa buah tomat dan madu lalu haluskan dengan belender. Jus tomat ini bisa langsung kita minuym atau dioleskan pada wajah.

Manfaatnya sama saja karena membantu tubuh dalam memperbaiki jaringan sel kulit yang telah rusak akibat jerawat atau radikal bebas. Dengan menjalankan tips-tips di halaman ini niscaya wajah akan kembali bersih bebas noda, selain itu kulit akan lebih halus dan kencang.

tags: