Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Madu dan Jeruk Lemon

Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Madu dan Jeruk LemonSeperti kita ketahui bersama bahwa kulit manusia terdiri dari dua lapisan yakni lapisan dermis yang berada di dalam dan lapisan epidermis yang berada di permukaan. Jika lapisan dermis mengalami kerusakan maka otomatis luka akan terlihat di lapisan epidermis.

Bekas luka pada dasarnya akan hilang dengan sendirinya saat menginjak 2 tahun atau lebih, hal ini karena pembuluh darah dan kolagen telah diperbaiki. Meskipun demikian kerusakan tidak sepenuhnya terselesaikan karena beberapa hal tidak dapat dikembalikan secara normal, salah satunya dalah kelenjar keringat yang hilang dari bagian tersebut.

Lalu apakah ada cara lain untuk menghilangkan bekas luka tersebut tanpa harus menunggu dua tahun lamanya? Ada banyak jalan yang bisa kita coba, salah satunya dengan menggunakan jeruk lemon dan madu. Untuk informasi selengkapnya silahkan baca penjelasan di bawah ini.

Berikut adalah cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu dan jeruk lemon seperti dikutip dari beberapa sumber dan ahli kulit.

Bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulainya, terlebih dahulu siapkan beberapa bahan dasar yang dibutuhkan berikut ini:

  • Tiga sendok makan madu
  • Satu sendok makan bubuk kayu manis (Opsional)
  • Perasan jeruk lemon yang sudah diletakkan dalam sebuah mangkuk
  • Air hangat secukupnya
  • Pembersih wajah
  • Pelembab dengan tingkat SPF tinggi

Usahakan madu yang digunakan masih murni dan belum tercampur oleh bahan dan senyawa lain seperti gula dan air. Sedangkan untuk kayu manis, kita boleh untuk tidak menggunakannya meskipun sangat dianjurkan untuk tetap menyertakan kayu manis.

Cairan jeruk lemon yang dibutuhkan sekitar 1 sampai 2 sendok teh dan diperas dari jeruk lemon segar, air hangat dan pembersih wajah akan kita gunakan untuk membersihkan wajah.

Cara pembuatan dan pemakaian

Campurkan kayu manis dan madu lalu aduk selama beberapa menit sampai membentuk pasta, setelah itu campurkan juga cairan jeruk nipis kemudian aduk sampai rata.

Sampai langkah ini sebenarnya kita telah selesai membuatnya dan bisa langsung digunakan. Namun agar hasilnya lebih baik, dianjurkan untuk mengikuti langkah seterusnya.

Sebelum mulai menggunakan penghilang bekas jerawat atau luka buatan tangan tadi, ada baiknya kita membersihkan wajah atau bagian kulit yang akan diobati. Gunakan air hangat dan pembersih wajah yang bersifat lembut lalu tunggu hingga mengering.

Setelah wajah atau bagian luka mengering, ambil kapas lalu celupkan ke pasta jeruk lemon dan madu yang telah kita buat. Oleskan secara merata pada bekas jerawat dan diamkan selama 5 atau 10 menit.

Bilas dengan air hangat dan biarkan mengering dengan sendirinya. Setelah itu oleskan krim pelembab untuk menjaga kelembaban bagian tersebut, dianjurkan untuk menggunakan produk pelembab yang memiliki tingkat SPF lebih tinggi agar kulit tetap lembab dan terlindungi dari bahaya sinar ultraviolet.

Perlu diperhatikan bahwa cairan jeruk lemon yang dicampur dengan air dapat membuat kulit terbakar oleh sinar matahari, oleh karenanya tips di atas lebih dianjurkan untuk digunakan pada malam hari.

tags: ,