Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Apel Hijau

cara menghilangkan bekas jerawat dengan apel hijauApel hijau mengandung banyak asam malat, jenis asam ini memang lebih dikenal dalam industri pembuat makanan, namun bukan berarti tidak digunakan dalam dunia kecantikan. Asam malat memiliki efek dalam mengangkat sel kulit mati dengan lembut sehingga bisa diterapkan pada bekas jerawat untuk mengangkat permukaan kulit rusak akibat bekas tersebut.

Ketika permukaan kulit dapat diangkat maka bekas luka dapat memudar sedikit demi sedikit, perlu diperhatikan bahwa proses pengangkatan yang dilakukan dengan apel hijau sangat berbeda dengan proses pengangkatan yang menggunakan bahan lain. Kita tidak akan merasakan iritasi, gatal-gatal atau panas seperti terbakar sebagaimana layaknya dirasakan ketika menggunakan bahan lain seperti jeruk nipis misalnya.

Untuk pembuatan dan penggunaannya tergolong sangat mudah, silahkan baca panduannya di bawah ini. Berikut adalah cara menghilangkan bekas jerawat dengan apel hijau seperti dilansir oleh Rice University.

Tahap pertama

Siapkan sebuah apel berwarna hijau lalu potong-potong dalam ukuran sedang, jangan terlalu besar dan jangan pula terlalu kecil agar mudah dihaluskan namun tidak berubah menjadi jus.

Tahap kedua

Masukkan potongan apel tadi ke blender dan nyalakan blender selama 30 detik, hal ini dimaksudkan agar hasil yang didapat tidak seperti jus murni, masih ada serpihan buah apel di dalamnya, setelah selesai tuangkan ke dalam mangkuk.

Tahap ketiga

Campurkan dua sendok makan madu ke dalam mangkuk, masukkan sedikit demi sediki dan aduk, hal ini untuk menghindari terjadinya gumpalan madu di bagian tertentu.

Penggunaan madu di sini bertujuan untuk memberikan kelembaban pada kulit, proses pengelupasan sehalus apapun dapat menyebabkan kulit kering, oleh sebab itu madu digunakan untuk menghindari masalah tersebut.

Selain untuk menghindari kulit kering, madu juga berfungsi untuk melindungi kulit dan menghilangkan bakteri dan kuman yang mungkin masih terdapat pada bekas luka tadi. Fungsi ini ada karena madu memiliki sifat antibakteri dan anti mikro organisme.

Langkah keempat

Bersihkan wajah dengan produk pembersih yang bersifat lembut, sesuaikan dengan jenis kulit masing-masing. Setelah selesai biarkan wajah mengering dengan sendirinya lalu jalankan tahap selanjutnya.

Langkah kelima

Oleskan masker apel dan madu tadi ke bekas jerawat dan diamkan selama 10 sampai 20 menit, bilas sampai bersih dengan air dan keringkan. Lakukan langkah-langkah di atas dua kali seminggu, butuh waktu 2 sampai 4 minggu untuk melihat hasilnya.

Selain cara di atas, kita juga bisa mengikuti metode lainnya, bahan yang digunakan masih tetap sama yakni apel hijau. Kita hanya perlu menghaluskan apel dengan blender atau perangkat lain lalu oleskan langsung pada jerawat.

Metode ini memang lebih mudah dan simpel, namun hasilnya tentu sedikit berbeda dengan metode pertama yang menggunakan madu sebagai bahan pendukungnya.

tags: