Cara Menghentikan Penyebaran Jerawat

cara menghentikan penyebaran jerawatJerawat bisa muncul kapan saja dan pada siapa saja, namun pada kebanyakan orang masalah ini mulai hadir ketika menginjak masa remaja. Ketidakstabilan hormon menjadi salah satu pemicunya, selain itu produksi minyak berlebih juga dapat menyumbat pori-pori sehingga berpotensi terhadap jerawat.

Selain minyak berlebih, kotoran seperti debu dan sel kulit mati juga dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori. Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa bakteri bisa menyebabkan kondisi seperti ini.

Untuk mencegah terjadinya penyebaran jerawat pada bagian kulit yang masih sehat, perlu dilakukan langkah-langkah tepat seperti dijelaskan berikut ini.

Berikut adalah cara menghentikan penyebaran jerawat seperti dinyatakan oleh lembaga FDA.

Bersihkan secara teratur

Pada tahun 2008 silam, penelitian yang dilakukan oleh lembaga Japan Society of Physiological Anthropology menemukan bahwa seseorang yang mandi pagi mengalami penurunan minyak berlebih pada wajahnya dibanding orang yang tidak mandi.

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa minyak berlebih dapat menyebabkan masalah pada kulit seperti tersumbatnya pori-pori yang dapat megnakibatkan munculnya jerawat.

Gunakan krim benzoil peroksida

Jika bermasalah dengan jerawat di bagian-bagian tertentu seperti dagu, hidung, pipi dan lainnya maka solusi terbaik adalah mengoleskan krim anti jerawat yang mengandung benzoil peroksida.

Benzoil peroksida adalah suatu senyawa yang paling banyak dianjurkan oleh para ahli untuk menghentikan penyebaran sekaligus menghilangkan persoalan jerawat.

Banyak krim yang mengandung senyawa ini, silahkan perhatikan label dan kemasannya, jika tidak mengandung benzoil peroksida maka hasilnya tidak akan maksimal.

Oleskan krim yang mengandung AHA

Aternatif lainnya adalah dengan menggunakan krim yang megnandung AHA, AHA sendiri merupakan kependekan dari alpha hydroxy acid. Salah satu jenis asam yang berfungsi mengurangi jerawat dengan cara memotong ikatan antara sel kulit sehingga proses pembentukan kolagen dapat segera terjadi.

Gunakan pelembab berbasis cair

Kenapa harus menggunakan pelembab? Karena ketika kita menggunakan krim anti jerawat maka kulit akan menjadi lebih kering dari biasanya. Untuk mengatasi hal tersebut gunakan selalu pelembab berbasis cair, adapun penggunaan pelembab berbasis cair dimaksudkan agar tidak menimbulkan masalah minyak berlebih.

Bersihkan makeup setiap 5 jam

Jika anda kebetulan seorang wanita yang harus bekerja menggunakan makeup, maka harus mengikuti langkah ini agar penyebaran jerawat dapat dihentikan. Cuci dan bersihkan wajah setiap lima jam sekali agar sisa makeup tidak merusak kulit.

Setelah mencucinya sampai bersih, silahkan aplikasikan kembali makeup yang dibutuhkan dan ulangi proses tadi jika sudah tiba waktunya.

Gunakan asam salisilat

Meskipun tujuan akhirnya sama dengan krim yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat memiliki cara kerja yang berbeda. Asam salisilat cenderung bekerja dengan cara memecah jerawat dan komedo setelah itu mengeringkannya.

Lakukan pengangkatan kulit

Pengangkatan kulit adalah salah satu ritual wajib dalam perawatan kulit, tujuannya jelas, untuk menghindari penyumbatan pori akibat tumpukan sel kulit mati. Cukup lakukan proses ini satu kali seminggu, untuk cara dan panduannya bisa dilihat di halaman lain.

 

tags: