Cara menggunakan sampo

cara menggunakan sampoPercaya atau tidak, masih banyak orang yang menggunakan sampo dengan cara salah. Bila hal ini terus dilakukan maka sampo yang kita gunakan tidak memberikan manfaat maksimal atau bahkan justru menimbulkan kerusakan.

Jika aktifitas tersebut dilakukan dengan benar maka kita dapat menurunkan resiko kerontokan dan kerusakan sekecil mungkin, oelh sebab itu kali ini kita akan mengupas secara tuntas tentang hal apa saja yang harus kita lakukan saat mencuci dengan sampo.

Berikut adalah beberapa cara menggunakan sampo dengan benar agar terhindar dari segala macam kerusakan rambut seperti rontok dan bercabang.

Sebelum

Sebelum kita mulai mencuci, sisir terlebih dahulu agar tidak ada tautan antar rambut yang bila terjadi saat rambut basah akan mudah rontok.

Gunakan sisir bergerigi lebar untuk menghindari daya tarik kuat pada akar, hal ini perlu dilakukan tepat sebelum kita membilas dengan sampo.

Saat membilas

Saat menggunakan sampo, lakukan secara hati-hati karena rambut yang sedang dalam keadaan basah sangat rentan terhadap kerontokan dan mudah patah.

Selain itu gunakan sampo secukupnya, jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan kerusakan lain. Tuangkan satu sendok makan sampo ke telapak tangan lalu terapkan pada rambut.

Saat melakukannya, lakukan pemijitan ringan pada kulit kepala untuk melancarkan kembali peredaran darah yang tersumbat. Satu hal lagi yang perlu kita ingat adalah hindari menggunakan air hangat saat melakukan ini. Gunakan air dingin agar kelembaban tidak berkurang.

Setelah

Setelah proses kedua selesai, kini saatnya membilas sampai bersih dengan air dingin. Tujuannya untuk menghilangkan semua noda dan busa sampo.

Saat melakukan hal ini, lakukan lagi pemijatan untuk memastikan tidak ada busa tertinggal di kulit kepala. Lakukan secara perlahan kemudian siram dengan air.

Setelah selesai, ambil handuk dan letakkan pada rambut. Handuk ini hanya kita gunakan untuk menyrap sisa-sisa air, bukan untuk mengeringkannya.

Gunakan udara kering agar rambut kering secara sempurna, jangan pernah sekalipun menggosok rambut dengan handuk karena bisa menyebabkan patah dan kering.

Saat menata rambut, gunakan sisir bergerigi lebar dan pastikan rambut sudah dalam keadaan benar-benar kering. Hindari menyisir saat dalam keadaan masih basah karena sangat rapuh.

Dengan mengikuti ketiga langkah di atas, maka usaha yang kita lakukan mudah-mudahan tidak sia-sia dan membuahkan hasil seperti apa yang kita harapkan.

Perlu diingat bahwa, pastikan produk sampo tersebut benar-benar cocok untuk jenis rambut kita. Jika sudah yakin baru kita gunakan, namun jika tidak hindari penggunaan produk tersebut karena bisa menyebabkan kerusakan atau bahkan kerontokan.

Pelajari seperti apa rambut kita, baru kemudian kita cari produk yang benar-benar diramcang atau didesain untuk rambut seperti yang kita miliki sekarang ini.

tags: ,