Cara menggunakan kopi untuk perawatan kulit

kopi untuk perawatan kulitBubuk kopi yang biasa kita gunakan sebagai minuman setiap pagi, sore ataupun malam hari ini mengandung banyak antioksidan. Sedangkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 dan diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menyatakan bahwa ampas kopi dapat melindungi protein dan asam lemak dari kerusakan akibat radikal bebas.

Teori lainnya yang mendukung manfaat kopi untuk kulit adalah pernyataan Maria Daglia, seorang penulis kawakan di University of Pavia, Italy. Dia menyatakan bahwa bubuk kopi memiliki sifat antibakteri sehingga sangat baik untuk melindungi kulit dari bakteri penyebab jerawat.

Secara garis besar, penelitian dan pernyataan para ahli tersebut menunjukkan bahwa kopi memiliki banyak manfaat untuk manusia, selain dapat dijadikan sebagai minuman, juga bisa digunakan untuk mempercantik kulit.

Lalu bagaimana cara mengunakannya pada kulit? Caranya cukup sederhana dan tergolong mudah.

Berikut adalah cara menggunakan kopi untuk perawatan kulit seperti dikutip dari para ahli kecantikan internasional.

1. Untuk mengangkat sel kulit mati

Kini kita tidak perlu lagi membeli produk perawatan yang ditujukan untuk mengangkat sel kulit mati, cukup gunakan kopi sebagai medianya kita sudah dapat menghilangkan semua noda dari permukaan dan pori kulit.

Caranya sangat mudah, kita hanya perlu memasukkan bubuk kopi sebanyak dua sendok teh kedalam mangkuk lalu campurkan sedikit air. Aduk-aduk sampai membentuk pasta dan terapkan langsung pada wajah.

Saat mengoleskannya pada wajah, kita lakukan pemijatan ringan dengan gerakan melingkar agar semua noda dan kulit mati dapat terangkat secara sempurna.

Setelah itu tunggu selama 10 menit sampai mengering kemudian bilas sampai besih menggunakan air hangat dan keringkan dengan kain atau handuk lembut.

2. Meremajakan kulit

Kita juga tidak perlu lagi membeli produk untuk meremajakan kulit yang harganya cukup mahal, cukup sediakan ampas kopi sebanyak yang kita butuhkan.

Campurkan minyak zaitun ke dalamnya dan aduk sampai rata, oleskan campuran tersebut ke seluruh tubuh dan leher lalu diamkan selama 15 menit. Gosok secara lembut selama beberapa menit dan bilas dengan air dingin.

Langkah ini bukan saja dapat meremajakan kulit namun juga dapat melembabkannya, silahkan jalankan kedua tips di atas sebanyak 2 kali seminggu untuk memastikan kebersihan dan kesegaran kulit kita tetap terjaga.

Masih banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari bahan minuman ini, semuanya akan kami ulas di kesempatan mendatang. Meski demikian perlu diperhatikan bahwa untuk mendapatkan kulit lembut, ada beberapa orang ahli yang tidak begitu yakin.

Namun jika digunakan sebagai pelindung radikal bebas dan peremajaan kulit semua ahli menyetujuinya. Hal ini tidak lepas dari penjelasan yang diutarakan di awal artikel ini.