Cara menggunakan kentang untuk menghilangkan jerawat

kentang untuk menghilangkan jerawatPerlu diperhatikan terlebih dahulu bahwa sebelum melakukan pengobatan tradisional, kita harus mengetahui dulu level jerawat yang kita hadapi. Silahkan baca di sini untuk keterangan lebih lengkapnya [Baca: Tingkatan dan level jerawat].

Kenapa harus mengetahui tingkatan jerawat terlebih dahulu? Karena jika gangguan yang kita alami sudah masuk dalam tahap parah maka pengobatan tradisional tidak dapat menggantikan pengobatan yang dilakukan oleh dokter.

Namun bila level penyakit tersebut belum masuk dalam tahap kronis maka kita masih bisa mengatasinya dengan berbagai perawatan tradisional termasuk dengan kentang.

Seperti dilansir oleh Prescription for Natural Cures bahwa menggunakan kentang untuk pengobatan jerawat dua kali sehari selama tujuh hari berturut-turut terbukti efektif dalam menyingkirkan gangguan tersebut.

Bagaimana cara kita melakukannya? Berikut adalah cara menggunakan kentang untuk menghilangkan jerawat seperti dikutip dari jurnal kesehatan kulit.

Tahap 1

Siapkan beberapa buah kentang segar lalu cuci sampai bersih, gunakan sabun antiseptik untuk menghilangkan bakteri dan kuman yang mungkin ada pada kentang tersebut.

Setelah itu hilangkan kulitnya dan iris tipis-tipis, irisan inilah yang akan kita gunakan untuk menghilangkan gangguan tersebut.

Tahap 2

Ambil satu irisan kentang lalu gunakan bahan tersebut untuk memijit satu bagian wajah, ingat satu irisan kentang hanya digunakan untuk satu bagian wajah saja, ini untuk menghindari perpindahan bakteri dari satu tempat ke tempat lainnya.

Lakukan secara perlahan sampai kentang irisan tersebut habis dan menyeluruh pada setiap bagian wajah yang bermasalah dengan jerawat. Irisan ini dapat mengangkat el kulit mati dan bakteri yang ada di permukaan kulit tersebut.

Tahap 3

Setelah semuanya selesai dilakukan, kini siapkan kembali beberapa buah kentang dan ulangi proses seperti tahap pertama, irisan yang dihasilkan kali ini bukan digunakan untuk memijat, namun untuk meletakkannya pada bagian jerawat.

Setelah irisan siap, letakkan satu demi satu irisan kentang tersebut di atas jerawat dan diamkan selama 10 menit. Tahap ini bertujuan untuk menyerap dan mematikan bakteri yang masih tertinggal.

Asam yang terkandung dalam kentang diketahui bersifat sebagai anti bakteri yang berguna untuk menghilangkan bakteri dan kuman yang berkembang biak di permukaan kulit.

Bila semua langkah di atas telah kita lakukan dengan benar dan teratur selama 4 sampai 7 hari berturut-turut maka niscaya seluruh gangguan jerawat dapat kita atasi dengan mudah.

Namun sekali lagi perlu diperhatikan bahwa, jika gangguan masih terus terjadi maka sebaiknya kunjungi dokter terkait untuk memeriksakan kondisi kita sebenarnya.

Ingat bahwa gangguan jerawat bisa menjadi salah satu tanda adanya gangguan pada insulin, gangguan ini pun menjadi gejala awal dari serangan diabetes.

Oleh sebab itu untuk menghindari hal-hal buruk lainnya, konsultasikan dengan dokter terdekat apakah kadar gula kita normal atau tidak. Dokter mungkin akan melakukan berbagai serangkaian tes darah untuk mengetahui kondisi kita sebenarnya.

tags: ,