Cara menggunakan ginseng untuk menumbuhkan rambut

ginseng untuk menumbuhkan rambutGinseng adalah tanaman khas Asia, tanaman ini telah digunakan sebagai media pengobatan sejak ribuan tahun lalu dan terus dikembangkan dari masa ke masa.

Menurut Universitas Maryland Medical Center, ginseng merupakan adaptogen dan yang berguna untuk meredakan stress. Stress sendiri merupakan salah satu penyebab kerontokan rambut.

Selain itu tanaman ini juga berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita melalui antioksidan tinggi yang dimilikinya sehingga tubuh akan lebih mudah menahan radikal bebas.

Sedangkan khusus untuk pertumbuhan rambut, beberapa lembaga penelitian di Amerika menemukan bukti bahwa ginseng dapat digunakan untuk menumbuhkan kembali rambut yang sebelumnya telah rontok.

Oleh sebab itu jangan heran jika banyak produk penumbuh yang menggunakan ginseng sebagai bahan utamanya, meskipun tanaman tumbuhan ini lebih sulit kita temukan di Indonesia, namun masih bisa diperoleh dengan membelinya di toko terdekat.

Bagi para pembaca yang telah memiliki ginseng, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi kerontokan dan menumbuhkan kembali rambut yang telah rontok.

Berikut adalah cara menggunakan ginseng untuk menumbuhkan rambut seperti dikutip dari banyak pakar kesehatan rambut dan jurnal online.

Tahap pertama

Ambil beberapa akar ginseng lalu rendam dalam air hangat, kita juga bisa merebusnya dengan api yang tidak terlalu besar. Setelah benar-benar masak baru kita gunakan untuk minum.

Ini adalah pengobatan dari dalam dan dikombinasikan dengan teknik lain yang ada dalam point selanjutnya, proses ini harus terus kita jalankan sampai kita sudah melihat hasilnya.

Tahap kedua

Selain menggunakan ginseng sebagai minuman, kita juga diharuskan untuk menggunakannya sebagai bahan tambahan pada sampo. Cukup ambil beberapa akar ginseng lalu campurkan ke sampo, saat kita mencuci rambut biarkan selama beberapa detik sambil dipijat agar zat yang terdapat dalam ginseng bisa diserap oleh kulit kepala dan folikel.

Setelah pemijatan selesai barulah kita cuci dengan air sampai bersih kemudian keringkan dengan handuk dengan cara meletakkan handuk tersebut ke rambut tanpa menggosoknya.

Tahap ketiga

Masih menurut Universitas Maryland Medical Center, pada tahap akhir kita bisa mengunyah 2g akan ginseng setiap harinya agar pertumbuhan bisa segera terjadi dan kekuatan akar bisa kita dapatkan.

Meskipun hal ini sangat sulit dilakukan bagi sebagian orang, namun jika membiasakannya maka manfaat yang kita peroleh sangat besar. Rambut akan kembali tumbuh sehat dan seperti sediakala.

Dengan menjalankan tiga langkah di atas diharapkan apa yang kita inginkan dapat segera terwujud, waktu yang dibutuhkan relatif berbeda antara seseorang dengan pengguna lainnya.

Efek samping

Meskipun murni dari bahan alam bukan berarti tidak menimbulkan efek samping, ada beberapa efek samping yang mungkin dialami oleh para penggunanya.

Efek samping tersebut meliputi kesulitan tidur dan kecemasan, apalagi jika dibarengi dengan konsumsi kafein. Oleh sebab itu selama proses ini berlangsung usahakan untuk mengurangi asupan kafein agar efek yang mungkin kita dapatkan dapat ditekan sekecil mungkin.

tags: