Cara menggunakan garam untuk mengatasi jerawat

cara menggunakan garam untuk mengatasi jerawatMungkin belum banyak yang tahu bahwa garam memiliki manfaat dalam menghilangkan jerawat, sebenarnya manfaat tersebut bukan menghilangkan gangguan secara langsung, namun lebih pada pembasmian bakteri dan kuman.

Seperti kita ketahui bahwa garam memiliki sejumlah senyawa dan sifat antibakteri, sehingga bila dioleskan pada tubuh atau anggota badan lainnya maka bakteri serta kuman di area tersebut akan dapat dihilangkan.

Jerawat adalah salah satu gangguan yang bisa dipicu oleh infeksi bakteri, infeksi ini diperparah dengan tersumbatnya pori-pori dan produksi minyak yang terlampau banyak.

Bila ketiga pemicu di atas bisa dihilangkan maka tentu saja gangguan tersebut akan sedikit demi sedikit berkurang. Menurut Braun-Falco’s Dermatology, waktu yang dibutuhkan garam untuk menghilangkan jerawat secara keseluruhan biasanya membutuhkan lama hingga dua minggu.

Ingin tahu bagaimana cara penggunaan bumbu dapur ini? Berikut adalah cara menggunakan garam untuk mengatasi jerawat seperti dilansir dari Foundations of Nursing.

Resep pertama

Persiapkan satu gelas kecil air lalu masukkan beberapa sendok teh garam ke dalamnya, masukkan ke dalam microwave selama beberapa menit agar suhunya lebih hangat.

Kita juga bisa langsung menggunakan air hangat tanpa harus menggunakan microwave. Suhu yang paling baik adalah ketika gelas tersebut disentih tidak terasa panas namun lebih hangat.

Setelah semua hal di atas telah kita lakukan maka kini saatnya kita membersihkan wajah dengan pembersih wajah ringan. Pastikan semua sel kulit mati dan minyak yang berada di permukaan kulit benar-benar terangkat.

Setelah benar-benar bersih ambil handuk atau kain lembut untuk mengeringkan wajah, jika telah benar-benar kering kini saatnya kita mengoleskan air garam tadi.

Menurut Handbook of Dermatology, garam membutuhkan beberapa menit untuk membasmi bakteri. Oleh sebab itu teteskan air garam ke kapas lalu oleskan pada bagian kulit yang berjerawat.

Diamkan selama beberapa menit agar seluruh bakteri dapat disingkirkan baru kemudian kita bilas dengan air bersih dan oleskan produk pelembab agar terhindar dari kulit kering.

Resep kedua

Resep yang ini sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja, caranya adalah kita percikkan air hangat ke seluruh wajah agar pori-pori dapat terbuka. Setelah itu ambil garam secukupnya dan oleskan pada wajah, lakukan gerakan melingkar saat mengoleskannya.

Pastikan langkah ini dilakukan dengan perlahan dan tidak tergesa-gesa karena bila tidak butiran garam dapat meninggalkan goresan pada kulit. Setelah selesai gunakan air dingin untuk membersihkan sisa scrub garam tadi.

Dua resep di atas telah terbukti secara ilmiah dapat mengatasi masalah jerawat, meskipun waktu yang dibutuhkan bisa sampai 2 minggu lamanya namun hasil yang didapat tidak kalah dengan metode dan terapi mahal lainnya.

Selain itu tingkat keamanannya juga lebih tinggi dibanding penggunaan obat komersil, karena kita sama sekali tidak memasukkan senyawa kimia atau zat berbahaya lainnya.

tags: