Cara menggunakan aspirin untuk mengatasi jerawat

aspirin untuk mengatasi jerawatAspirin mengandung zat kimia yang dapat melenyapkan bakteri penyebab jerawat, dengan penggunaan secara teratur maka gangguan kulit tersebut dapat segera kering dan mudah dihilangkan.

Menurut buku berjudul Handbook of Dermatology: A Practical Manual, aspirin bisa digunakan dan aman untuk jenis kulit manapun bahkan untuk kulit sensitif sekalipun.

Meskipun demikian karena aspirin bersifat keras maka penggunaannya hanya dibatasi tiga kali seminggu, jangan digunakan lebih dari itu karena justru dapat merusak kulit.

Tips ini diketahui dapat mengatasi gangguan kulit tersebut paling lambat tiga minggu setelah pemakaian, memang itu adalah waktu yang cukup lama. Tapi jika dilakukan dengan cara yang benar maka bukan tidak mungkin masalah tersebut dapat teratasi hanya dalam satu minggu saja.

Berikut adalah cara menggunakan aspirin untuk mengatasi jerawat seperti kami kutip dari beberapa buku karangan ahli kecantikan kulit.

Langkah pertama

Haluskan beberapa butir aspirin lalu masukkan ke dalam mangkuk, pastikan aspirin benar-benar halus karena jika tidak ini bisa melukai kulit kita sendiri.

Langkah kedua

Masukkan beberapa sendok air dan aduk sampai menjadi pasta atau krim, jika ternyata belum menjadi pasta maka itu menandakan komposisi air belum tepat. Silahkan tambahakan lagi air secukupnya sampai takarannya benar-benar tepat.

Langkah ketiga

Oleskan pasta tersebut ke spon atau kain lembut, dengan kain atau spon itulah kita oleskan adonan tersebut ke bagian wajah atau tubuh yang ditumbuhi jerawat.

Penggunaan spon dan kain lembut ini dimaksudkan agar jangan sampai tersentuh tangan yang bisa menyebabkan berpindahnya bakteri dari jari jemari ke pasta.

Kita tahu bahwa bagian tubuh yang paling banyak dihinggapi bakteri dan kuman adalah tangan, jika pasta tersebut sampai tersentuh tangan dan bakteri berpindah ke pasta maka bukan tidak mungkin langkah yang kita lakukan akan sia-sia belaka.

Langkah keempat

Bilas sampai bersih, pembilasan ini kita lakukan setelah menuggu pasta tersebut mengering. Waktu yang dibutuhkan sekitar 15 sampai 20 menit. Gunakan air dingin dan handuk lembut untuk mengeringkannya, namun jangan gunakan handuk untuk menggosok bagian kulit. Cukup terapkan handuk ke bagian kulit sehingga air dapat terserap.

Dengan mengikuti tips di atas diharapkan jerawat dapat segera mengering dan persoalan tersebut dapat secepat mungkin ditanggulangi. Penting untuk diingat, jika penggunaan telah berlangsung selama tiga minggu dan langkah tersebut dilakukan dengan rutin, namun hasilnya tidak seperti yang kita harapkan maka segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Kondisi ini menunjukkan hal yang tidak wajar sehingga kita benar-benar membutuhkan penanganan langsung dari dokter. Pada beberapa kasus tertentu, jerawat bukan masalah kulit biasa namun juga bisa menjadi gejala adanya penyakit yang kita derita.

tags: