Cara mengetahui jenis rambut

cara mengetahui jenis rambutTiap orang memiliki jenis rambut berbeda-beda, perbedaan jenis rambut ini tentu saja berimbas pada metode atau produk perawatan apa yang cocok untuk digunakan. Pemilihan sampo misalnya, bila salah dalam memilih maka akibatnya bisa memicu kerusakan dan kerontokan.

Seseorang yang memiliki rambut kering tentu tidak akan cocok menggunakan sampo untuk rambut berminyak, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, kita wajib mengetahui jenis rambut yang kita miliki agar tidak salah dalam memilih produk atau metode.

Berikut adalah beberapa tips dan cara mengetahui jenis rambut miliki kita seperti dikutip dari beberapa sumber.

Secara garis besar, rambut digolongkan menjadi beberapa bagian sesuai dengan struktur, tekstur dan kondisi. Struktur rambut meliputi keriting dan lurus, sedangkan tekstur meliputi halus dan kasar.

Metode perawatan yang digunakan tentu berbeda antara satu dengan lainnya, semuanya telah dibahas dalam beberapa artikel sebelumnya. Selain dari tekstur dan struktur, rambut juga dibedakan berdasarkan kondisinya yakni normal, berminyak, kering dan kombinasi keduanya.

Jenis rambut normal mempunyai kelembaban dan minyak yang seimbang sehingga orang yang memilikinya tidak perlu melakukan perawatan khusus. Cukup dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi tinggi maka kesehatan dan keindahan rambut senantiasa terjaga. Jika hendak menggunakan sampo maka pilihlah sampo ringan yang tidak mengikis kelembaban rambut.

Sedangkan rambut kering pada umumnya dikarenakan produksi minyak terlalu sedikit, jenis ini lebih mudah rusak. Oleh sebab itu diperlukan perawatan dan perhatian lebih dari pemiliknya.

Untuk mengurangi masalah yang kerap hadir pada jenis ini, diperlukan penggunaan kondisioner secara teratur. Kondisioner yang dibutuhkan tentu saja harus mengandung pelembab.

Berbeda dengan kedua jenis di atas, orang yang memiliki kulit berminyak biasanya memiliki jenis rambut yang sama. Produksi minyak berlebih ini menyebabkan rambut telihat lepek dan susah diatur.

Selain itu kotoran dan debu mudah melekat, maka dari itu pemiliknya harus membersihkan rambut secara teratur dengan menggunakan sampo agar minyak berlebih dan kotoran yang menempel dapat dibersihkan.

Sedangkan jenis terakhir adalah kombinasi dari rambut kering dan berminyak, cirinya bisa dilihat dari kulit kepala, akar dan helaian rambut. Akar serta kulit kepala cenderung berminyak namun helaian rambut terlihat lebih kering.

Dengan mengetahui jenis dan tipe rambut, maka pemilihan gaya rambut dan produk perawatan dapat lebih mudah dilakukan. Penggunaan produk yang tepat bukan hanya aman untuk rambut kita namun juga dapat meningkatkan keindahan dan kesehatannya.

Namun bila pemilihan dilakukan secara sembarangan tanpa memperhatikan tipe yang kita miliki maka besar kemungkinan produk tersebut tidak membawa manfaat apa-apa dan bahkan mungkin dapat memicu kerusakan.

tags: