Cara Mengendalikan Kulit Berminyak

cara mengendalikan kulit berminyakKulit berminyak merupakan salah satu jenis kulit yang paling sulit untuk dirawat, termasuk pula jenis kulit dengan resiko tertinggi terhadap gangguan jerawat.

Kita tidak mungkin merubah jenis kulit tersebut menjadi kering atau normal, yang bisa dilakukan adalah mengendalikannya agar produksi minyak berlebih dapat dikurangi secara signifikan.

Untuk dapat mengontrol atau mengendalikan produksi minyak berlebih tersebut, terlebih dulu kita harus mengetahui penyebab, metode perawatan, cara menjaga, pola makan yang dianjurkan dan hal lain yang masih ada kaitannya dengan jenis kulit ini.

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang penyebab, metode perawatan dan cara mengendalikan kulit berminyak secara benar seperti disarankan oleh pakar kulit.

Penyebab

Seperti telah dijelaskan pada beberapa kesempatan terdahulu bahwa penyebab utama kulit berminyak adalah kelenjar minyak yang sangat aktif dalam memproduksi minyak. Kondisi ini dipengaruhi oleh banyak hal seperti faktor kelembaban, hormon, intensitas membersihkan wajah dan suhu panas.

Perlu diketahui bahwa semua jenis kulit memproduksi minyak alami untuk menjaga kelembaban kulit, namun pada jenis berminyak produksi yang dilakukan melebihi jumlah yang dibutuhkan sehingga seseorang akan lebih rentan terhadap penyumbatan pori-pori dan masalah jerawat.

Dari penejelasan di atas bisa kita simpulkan bahwa masalah ini lebih banyak dipengaruhi oleh masalah internal atau dari dalam diri kita, oleh sebab itu metode yang perlu dijalankan juga tidak jauh dari perbaikan gaya hidup, cara perawatan dan pola makan.

Metode perawatan yang dianjurkan

Tidak setiap orang langsung dapat menemukan produk terbaik untuk mengatasi masalah ini, beberapa produk yang mereka gunakan justru menambah masalah.

Ahmet Altiner , MD , Seorang dokter kulit yang membuka praktek di Manhattan , New York menyatakan bahwa orang dengan jenis kulit ini membutuhkan produk atau krim yang mengandung benzoil peroksida dan asam salisilat.

Selain menggunakan produk di atas, Ron Robinson menganjurkan untuk melakukan beberapa hal di bawah ini dalamn merawat kulit berminyak:

  • Pastikan untuk membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum mulai mencuci wajah agar tidak terjadi perpindahan bakteri
  • Gunakan gel pembersih yang berbasis cair
  • Gunakan air hangat untuk membilasnya
  • Oleskan pelembab berbasis cair setelah melakukan hal di atas

Cara melindungi kulit berminyak

Seperti halnya jenis kulit lain, kulit berminyak juga membutuhkan perlindungan menyeluruh dari bahaya yang berasal dari lingkungan sekitar seperti sinar matahari. Gunakan tabir surya dengan tingkat SPF minimal 30 agar perlindungan yang diberikan dapat lebih maksimal.

Pemilihan kosmetik atau makeup

Harus lebih hati-hati saat memilih dan menggunakan kosmetik agar tidak menyebabkan meningkatnya produksi minyak. Pilihlah kosmetik yang tidak mengandung minyak, foundation berbahan dasar mineral, makeup cair dan lain sebagainya.

Jangan lupa pula untuk menggunakan toner bebas minyak untuk menjaga kekencangan dan kecantikan kulit.

tags: