Cara mengendalikan ketombe

cara mengendalikan ketombeKita tentu sudah mengetahui bahwa ketombe merupakan gangguan yang biasanya terjadi pada kulit kepala, meskipun pada beberapa kasus ketombe juga ditemukan paa permukaan kulit wajah.

Selain fakta di atas, ketombe juga termasuk salah satu gangguan yang hingga saat ini belum diketahui obat untuk menghilangkannya secara tuntas, opsi yang ada sekarang hanya sebatas mengontrol atau mengendalikannya saja.

Nah kali ini kami akan mengulas lebih dalam tentang bagaimana cara dan langkah tepat agar ketombe bisa kita kendalikan sehingga tidak merusak penampilan dan keindahan rambut kita.

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara mengendalikan ketombe seperti dikutip dari beberapa sumber.

1. Menggunakan sampo anti ketombe

Ini adalah cara paling umum dan sudah semestinya diambil orang, masalahnya sekarang adalah bila pemilihan produk tersebut kurang tepat maka gangguan akan bertambah parah dan lebih sulit dikendalikan.

Pemilihan sampo harus disesuaikan dengan jenis gangguan yang kita alami. Bila ketombe lebih diakibatkan karena adanya infeksi jamur maka anti ketombe yang paling tepat adalah produk yang mengandung ketoconazole.

2. Menggunakan jahe dan minyak zaitun

Tumbuk beberapa siung jahe lalu campurkan beberapa tetes minyak zaitun, oleskan secara merata pada kulit kepala dan diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

Minyak zaitun berperan untuk mengembalikan kelembaban kulit kepala sedangkan jahe berfungsi untuk mengusir segala jenis kuman, bakteri dan jamur.

3. Lidah buaya

Tanaman ini lebih dikenal dalam kaitannya dengan kesehatan dan perawatan rambut, daging lidah buaya selain dapat menutrisi rambut bisa juga digunakan untuk mengendalikan ketombe.

Cukup terapkan daging lidah buaya secara merata ke kulit kepala lalu diamkan sampai mengering, setelah kering bilas dengan sampo ringan atau sampo herbal.

4. Dengan cuka

Khususnya cuka sari apel sering dikaitkan dengan perawatan rambut dan jerawat, hal ini wajar karena cuka sari apel bersifat sebagai anti baketri dan jamur. Gangguan ketombe bisa diakibatkan oleh jamur, ketika jamur tersebut bisa kita basmi maka gangguan tersebut bisa kita kurangi.

5. Jus lemon dan kayu cendana

Masukkan beberapa tetes cairan jeruk lemon lalu campurkan bubuk kayu cendana, aduk keduanya sampai merata lalu oleskan pada kulit kepala. Tunggu selama 10 menit lalu cuci dengan sampo herbal.

Lima langkah di atas telah sejak dulu digunakan orang untuk mengendalikan masalah ketombe, berbagai penelitian juga membuktikan bahwa kelima cara di atas memang diketahui efektif dalam mengurangi persoalan ketombe.

Dengan menjalankan salah satu tips di atas niscaya masalah tersebut bisa kita kendalikan semaksimal mungkin meskipun sampai sekarang ini belum ditemukan produk yang benar-benar bisa menghilangkan gangguan ketombe.

tags: