Cara mengecilkan pori-pori dengan masker wajah

cara mengecilkan pori-poriWajah segar dan bebas minyak menjadi dambaan setiap wanita, hal itu barus bisa kita peroleh jika ukuran pori-pori dalam batas yang wajar. Jika pori-pori terlalu besar maka minyak atau sebum yang berada di bagian bawah permukaan kulit akan mudah keluar.

Selain itu pori-pori dengan ukuran terlalu besar sangat rentan terhadap komedo, jerawat dan berbagai gangguan kulit lainnya. Oleh sebab itu perlu ada penanganan khusus untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Kita mungkin bisa menggunakan salah satu produk komersil, namun jika tidak begitu yakin dengan khasiat produk tersebut, tidak ada salahnya mencoba resep tradisional yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Berikut adalah cara mengecilkan pori-pori dengan menggunakan resep masker wajah yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita dan telah diakui oleh para ahli kecantikan.

Bahan serta peralatan

Pertama-tama siapkan beberapa bahan dasar di bawah ini:

  • Kacang almond secukupnya
  • Dua sendok teh jus lemon atau cairannya
  • Dua gelas air hangat
  • Satu buah mangkuk kecil
  • Blender atau alat penghalus lainnya

Setelah semuanya kita siapkan, jalankan langkah mudah berikut untuk mendapatkan masker yang dimaksud.

Tahap pembuatan dan cara pemakaian

Pertama kali kita harus merendam kacang almond di dalam air hangat yang sudah kita siapkan selama kurang lebih 4 jam. Sesekali aduk agar air tersebut meresap ke dalam kacang almond.

Setelah empat jam, angkat kacang tersebut dan masukkan ke dalam mangkuk. Tumbuk hingga halus dengan menggunakan alat penghalus yang sudah kita siapkan.

Masukkan dua sendok jus lemon atau cairan jeruk lemon ke dalamnya kemudian aduk sampai benar-benar rata dan terbentuk seperti pasta.

Terapkan ke wajah dan diamkan selama 30 menit, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk atau kain lembut yang kita miliki.

Tips dan langkah di atas harus kita lakukan minimal sehari sekali sampai ukuran pori-pori mengecil. Selain tips di atas, kita juga bisa menggunakan resep masker lainnya.

Masker yang satu ini terbuat dari ketimun yang bahannya lebih mudah kita dapatkan dibanding kacang almond, berikut beberapa bahan yang diperlukan.

Bahan dasar dan peralatan

  • Satu buah ketimin yang telah dikupas
  • Satu sendok teh cairan jeruk nipis
  • Satu sendok makan air rendaman bunga mawar
  • Handuk bersih
  • Air hangat secukupnya

Langkah pembuatan

Masukkan ketimun ke dalam mangkuk atau wadah berukuran sedang kemudian haluskan, tuangkan cairan jeruk nipis lalu aduk sampai rata.

Campurkan juga air rendaman mawar ke dalamnya dan aduk kembali beberapa saat, setelah jadi kita tuangkan seluruh masker tersebut ke handuk dan peras di wajah agar cairan masker tersebut membasahi wajah kita.

Letakkan handuk tersebut di atas wajah dan diamkan selama 20 menit, angkat dan bilas hingga bersih. Jalankan tips ini minimal sekali sehari sampai ukuran pori-pori lebih kecil.

tags: