Cara Mengatasi Rasa Gatal Akibat Ketombe

gatal akibat ketombeRasa gatal pada kulit kepala memang bisa diakibatkan oleh banyak hal seperti jamur atau kurap yang menyerang kulit kepala, reaksi alergi yang ditunjukkan ketika menggunakan produk yang kurang tepat ataupun ketombe.

Namun tidak semua ketombe menyebabkan rasa gatal ini, ketombe yang diketahui dapat menyebabkan rasa gatal adalah ketombe yang disebabkan oleh gangguan pada kulit kepala seperti terinfeksi oleh bakteri tertentu atau akibat jamur.

Infeksi tersebut menyebabkan kulit kepala menjadi bersisik, mudah mengelupas dengan disertai rasa gatal menyengat. Sampo merupakan salah satu solusi yang bisa diambil, namun untuk hasil maksimal ada baiknya kita lakukan juga beberapa point penting di bawah ini.

Berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi rasa gatal akibat ketombe seperti dinyatakan oleh  Lawrence E. Gibson, M.D, seorang dokter dari Mayo Clinic.

Mengoleskan minyak

Tidak semua jenis minyak bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini, beberapa minyak yang diketahui dapat mengatasi rasa gatal pada kulit kepala adalah minyak zaitun, minyak jojoba dan minyak lavender.

Oleskan salah satu minyak tersebut ke kulit kepala lalu pijat secara perlahan selama beberapa menit. Lakukan langkah ini setiap malam sampai rasa gatal teratasi.

Hindari zat penyebab alergi

Rasa gatal juga bisa diakibatkan oleh zat atau senyawa tertentu. Oleh sebab itu perhatikan kembali produk peraatan rambut seperti apa yang baru anda gunakan dan lakukan pengujian apakah produk tersebut mengakibatkan rasa gatal sesaat setelah penggunaannya.

Jika benar, maka gatal yang kita rasakan bukan diakibatkan oleh ketombe, jamur atau bakteri. Namun lebih pada reaksi kulit kepala terhadap suatu zat.

Untuk mengatasinya tidak ada jalan lain kecuali menghentikan penggunaan produk tersebut, carilah produk alternatif lainnya dan pastikan produk alternatif tersebut tidak mengandung senyawa yang sama dengan produk terdahulu.

Gunakan jeruk lemon

Cairan jeruk lemon mengandung senyawa alami yang dapat megnatasi ketombe sekaligus menghilangkan gatal pada kulit kepala. Untuk melakukannya kita hanya perlu memeras jeruk lemon dan masukkan cairannya ke dalam mangkuk.

Setelah itu oleskan cairan tersebut secara merata ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air sampai bersih, lakukan hal ini satu kali sehari.

Cuci secara teratur

Tidak mencuci rambut secara teratur juga dapat mengakibatkan rasa gatal di kulit kepala, oleh sebab itu pastikan untuk selalu mencuci rambut dengan sampo ringan setiap dua atau tiga hari sekali.

Jangan terlalu sering menggunakan sampo karena bisa menyebabkan rambut kering, setidaknya beberapa ahli mengatakan seperti itu.

Gunakan baking soda atau cuka sari apel

Cuka sari apel maupun baking soda juga terbukti ampuh dalam mengatasi ketombe dan rasa gatal, cukup campurkan sedikit air ke dalam cuka sari apel atau baking soda lalu oleskan ke kulit kepala, tunggu beberapa menit lalu bersihkan dengan air.

tags: