Cara mengatasi rambut berminyak

cara mengatasi rambut berminyakRambut berminyak pada sebagian orang bukan masalah biasa, pada beberapa kasus tertentu ditemukan kerusakan dan berujung pada kerontokan hanya karena masalah ini.

Meskipun tidak secara langsung dapat mengakibatkan kerontokan, namun masalah ini diketahui bisa memicu munculnya berbagai gangguan lain yang justru bisa berakibat buruk untuk kesehatan dan kekuatan rambut.

Kita tidak akan membahas tentang penyebab kondisi rambut seperti ini, karena topik tersebut akan diuals secara detail pada halaman berikutnya.

Berikut adalah cara mengatasi rambut berminyak dengan bahan-bahan alami yang aman digunakan dan tidak menimbulkan efek samping.

1. Gunakan cuka sari apel

Cuka sari apel dikenal ampuh dalam membersihkan semua noda minyak dan kotoran yang menempel seperti debu yang beterbangan di lingkungan sekitar. Agar hasilnya lebih maksimal, silahkan ikuti tips mudah berikut:

  • Siapkan dua sendok cuka sari apel
  • Dua kantong teh

Siapkan air panas dalam wadah berukuran sedang lalu celupkan kantong teh ke dalamnya, tunggu sampai air tersebut dingin lalu ambil kantong teh dan masukkan ke dalam mangkuk.

Kita hanya akan menggunakan kantong teh yang telah direndam dalam air panas, setelah semuanya siap campurkan dua sendok makan cuka sari apel dan aduk keduanya sampai rata.

Terapkan kombinasi teh dan cuka sari apel tersebut ke helaian rambut dan kulit kepala sambil dilakukan pemijatan ringan, lakukan selama 15 sampai 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

2. Gunakan obat kumur

Obat kumur yang kita gunakan setiap hari berguna untuk melenyapkan bakteri pada mulut, ternyata obat kumur inipun terbukti ampuh dalam mengatasi masalah bakteri yang biasa berkembang biak pada minyak pada kulit kepala.

Cukup oleskan beberapa tetes obat kumur lalu lakukan pemijatan selama beberapa menit dan bersihkan dengan air dingin. Langkah ini hanya boleh dijalankan satu kali seminggu.

Selain kedua tips di atas, beberapa pakar rambut juga merekomendasikan kita untuk melakukan beberapa tips di bawah ini guna mengatasi masalah rambut berminyak, berikut tips tersebut.

A. Gunakan sampo pembersih

Pada beberapa produk sampo, ada yang dirancang secara khusus untuk mengatasi rambut berminyak. Biasanya sampo ini berbasis cair dan tidak mengandung banyak minyak dalam pembuatannya.

Cukup gunakan sampo tersebut saat kita merasa bahwa minyak pada kepala sudah sangat berlebihan dan telah saatnya dibersihkan. Hindari penggunaan kondisioner untuk sementara waktu.

B. Pijat kepala

Pemijatan adalah perawatan rambut dasar dan telah direkomendasikan oleh semua ahli, oleh karenanya ketika rambut mengalami masalah maka hal pertama yang disarankan adalah melakukan pemijatan ringan untuk melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala.

Agar lebih mudah saat melakukannya kita disarankan untuk menggunakan minyak zaitun atau minyak esensial lainnya. Untuk mengetahui minyak apa saja yang bisa digunakan silahkan menuju halaman ini [Baca: Tiga macam minyak esensial untuk mengatasi gangguan pada rambut].

tags: