Cara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Memangkasnya

cara mengatasi rambut bercabang tanpa memangkasnyaKeluhan utama wanita dengan rambut panjang adalah rambut menjadi bercabang di ujungnya. Masalah ini sebenarnya telah banyak dijelaskan oleh berbagai media online dan jurnal kecantikan, lengkap dengan faktor penyebab, gejala dan penanganannya.

Jika diperhatikan secara seksama maka langkah penanganan yang dijelaskan oleh media dan jurnal tersebut memiliki kesamaan yakni ‘memangkas ujung rambut secara teratur’.

Sekarang pertanyaannya adalah bisakah kita mengatasi masalah tersebut tanpa harus memangkasnya? Jawabannya bisa dan itu hal yang mungkin kita lakukan.

Berikut adalah cara mengatasi rambut bercabang tanpa memangkasnya seperti dijelaskan oleh Amy Abramite, seorang penata rambut di salon Chicago’s Maxine.

Gunakan kondisioner

Bukan sembarang kondisioner, produk yang akan kita gunakan harus memiliki kandungan pelembab. Kita tahu bahwa masalah utama rambut bercabang adalah buruknya kadar kelembaban alami pada kulit kepala dan batang rambut.

Oleh sebab itu cara pertama yang harus segera dilakukan adalah memberikan kelembaban tambahan agar masalah tersebut tidak berlanjut.

Gunakan sisir bergerigi longgar

Setelah penggunaan kondisioner selesai dilakukan, kini gunakan sisir bergerigi longgar untuk mengatasi rambut kusut yang beresiko mengalami kerusakan.

Jangan gunakan sisir yang terbuat dari plastika karena beberapa ahli justru menganggap bahwa sisir jenis ini dapat memecah batang rambut itu sendiri.

Gunakan pengikat rambut lembut

Jika harus mengikat rambut, maka gunakan pengikat yang terbuat dari kain lembut. Ingat, kita hanya akan mengikatnya, bukan manriknya kuat-kuat lalu diikat.

Gunakan biotin dan asam folat

Asam folat dan biotin merupakan bagian dari vitamin B, vitamin ini penting untuk menunjang ketebalan, kesehatan dan panjang rambut itu sendiri.

Asam folat bekerja dengan cara meningkatkan produksi sel darah merah yang berhubungan erat dengan pertumbuhan rambut. Jenis makanan yang kaya akan asam folat diantaranya seperti gandum, sayuran berdaun hijau, kedelai dan jeruk.

Sedangkan biotin berguna untuk memperkuat kuku dan rambut, sumber alami biotin bisa kita temukan pada kacang polong, beras merah, kedelai, biji bunga matahari, kenari dan lain sebagainya.

Gunakan hair dryer dengan benar

Perlu diketahui bahwa penggunaan hair dryer untuk mengeringkan tidak disarankan oleh para ahli, namun jika terpaksa harus menggunakan perangkat tersebut maka gunakan sesuai dengan ketentuan dan cara pakainya.

Jangan terlalu lama menggunakan perangkat ini karena suhu tinggi pada hair dryer dapat menghilangkan kelembaban kulit kepala dan berpotensi menyebabkan rambut bercabang.

Jangan gunakan pewarna rambut

Beberapa produk pewarna rambut mengandung bahan kimia yang dapat merusak rambut, untuk itu hindari penggunaan produk ini jika anda sedang bermasalah dengan rambut bercabang.

Konsumsi makanan bervitamin tinggi

Untuk mendapatkan rambut sehat dan bebas kerusakan, pastikan kita mengkonsumsi makanan syarat gizi agar proses regenerasi, perbaikan dan lain-lainnya dapat berjalan lancar.

tags: