Cara mengatasi penipisan rambut

mengatasi penipisan rambutPenipisan yang erjadi pada rambut bisa diakibatkan karena dua hal, pertama faktor eksternal seperti paparan sinar matahari yang memicu kerusakan pada kulit kepala, terjadi oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas.

Penyebab lainnya bisa datang dari dalam diri seseorang atau faktor internal, biasanya meliputi kurang gizi, peredaran darah pada kulit kepala tidak lancar dan lain sebagainya.

Apapun penyebabnya, jika gangguan ini tidak segera mendapatkan penanganan yang benar maka lambat laun kita akan kehilangan rambut dalam jumlah besar.

Inilah salah satu gejala awal kerontokan permanen yang sering dialami oleh kebanyakan orang, karena penipisan ini berlangsung secara bertahap maka sedikit sekali yang menyadari bahayanya.

Untuk menghentikan penipisan yang sedang berlangsung, silhakan ikuti beberapa langkah mudah di bawah ini.

Berikut ini merupakan cara mengatasi penipisan rambut untuk mencegah terjadinya kerontokan permanen yang akhir-akhir ini banyak terjadi pada kaum wanita.

1. Menggunakan minyak Rosemary

Minyak ini digunakan untuk menyehatkan folikel, seperti diketahui bahwa folikel memegang peranan penting terhadap kesehatan dan kesuburan rambut.

Selain itu kekuatan akar rambut juga tergantung pada kesehatan folikel, oleh sebab itu minyak ini bisa kita jadikan solusi sebagai langkah mudah untuk mengatasi segala permasalahan yang disebabkan karena adanya gangguan pada folikel.

Untuk melakukannya sangat mudah, siapkan beberapa tetes minyak rosemary dan campurkan sedikit minyak zaitun. Tuangkan ke tangan lalu lakukan pemijatan pada kulit kepala secara perlahan.

Pemijatan dilakukan selama 20 menit agar peredaran darah dapat berjalan lancar dan nutrisi yang terdapat dalam minyak rosemary dan minyak zaitun dapat diserap oleh folikel.

2. Teh hijau

Untuk perawatan dari dalam kita bisa meminum teh hijau sedikitnya dua cangkir setiap hari, bisa dilakukan di pagi dan sore hari.

Teh hijau memiliki antioksidan tinggi yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal bahaya radikal bebas, selain itu kandungan flavonoid di dalamnya diketahui dapat memicu pertumbuhan rambut sehat.

Teori ini dipertegas dengan pernyataan Gina Mohammed, Ph.D dalam bukunya yang berjudul Herbs for Health, meminum 2 gelas teh hijau setiap hari dapat menyehatkan dan menyuburkan rambut.

3. Ginkgo Biloba

Ginkgo Biloba bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan rambut, senyawa ini bekerja dengan cara meningkatkan suplai oksigen ke kulit kepala.

Ginkgo biloba sendiri bisa dengan mudah kita dapatkan di toko penjual makanan dengan harga terjangkau, namun untuk mendapatkan hasil yang diharapkan, kita harus mengkonsumi makanan ini dalam jumlah yang tepat.

Untuk mengetahui berapa banyak yang perlu kita konsumsi, silahkan konsultasikan ke ahli gizi atau dokter terdekat.

Ktiga langkah di atas bisa kita jalankan semuanya atau dipilih salah satunya, yang paling penting di sini adalah langkah dan tips di atas harus dilakukan secara berkala agar hasilnya tidak mengecewakan.

tags: ,