Cara mengatasi kulit kering

mengatasi kulit keringMemiliki kulit kering memang sering bermasalah dengan pecah-pecah, bersisik dan lain sebagainya. Hal ini tentu sangat mengganggu kebebasan kita dalam melakukan segala aktifitas di luar ruangan.

Walaupun demikian tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena masih banyak solusi yang bisa kita coba untuk mengatasi persoalan tersebut.

Berikut ini 6 langkah dan cara mengatasi kulit kering seperti yang dikutip dari beberapa ahli kecantikan kulit internasional.

1. Hindari sabun

Pada umumnya sabun memiliki sifat yang cukup keras, hal ini dapat memicu hilangnya kelembaban alami. Seperti kita tahu bahwa masalah kekeringan disebabkan karena hilang atau berkurangnya kelembaban tubuh.

Oleh karena itu hal terbaik yang musti kita lakukan adalah menghindari semua hal yang dapat menguras kelembaban yang terdapat pada kulit.

2. Angkat sel kulit mati secara teratur

Pecah-pecah dan bersisik menunjukkan adanya jaringan kulit mati yang tidak terangkat secara benar, maka dari itu biasakanlah untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh mulai dari noda, minyak dan kulit mati.

Ini diperlukan agar pori-pori dapat bernafas dengan baik dan mencegah terjadinya pengelupasan pada sebagian area wajah. Untuk melakukan hal ini bisa memanfaatkan scrub alami.

Cara pembuatannya telah kita bahas beberapa hari yang lalu dan bisa dibaca di halaman berikut [Baca: cara membuat scrub wajah untuk mengangkat semua kotoran].

3. Oleskan pelembab

Cara yang tidak bisa kita lupakan saat mengalami kekeringan adalah dengan rutin mengoleskan produk pelembab yang kita yakini cocok digunakan.

Jika bingung memilih pelembab mana yang akan kita kenakan, kenapa tidak berusaha membuatnya sendiri? Ikuti langkah-langkah pembuatannya di halaman ini [Baca: Cara membuat pelembab alami].

4. Biasakan memakai air dingin

Alasan di balik tips ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tips di urutan pertama, air hangat dapat menghilangkan sistem kelembaban alami yang dapat memperparah keadaan.

Oleh karenanya biasakan untuk menggunakan air dingin saat mandi dan untuk keperluan lainnya.

5. Menggunakan masker

Diantara banyak resep masker wajah yang bisa kita gunakan, ada salah satu masker yang dikhususkan untuk kulit yang memiliki kelembaban di bawah normal. Masker ini bertujuan untuk mengembalikan kelembaban yang hilang.

Untuk mengetahui bagaimana langkah serta cara pembuatannya, silahkan baca di sini [Baca: Resep masker wajah untuk mengatasi kulit kering].

6. Lakukan perawatan secara teratur

Ada 5 hal yang harus kita lakukan untuk melakukan perawatan, semuanya pernah kita bahas secara mendalam beberapa hari yang lalu. Tips tersebut sebenarnya bertujuan untuk menjaga agar kita terhindar dari berbagai macam bahaya dan gangguan.

Untuk mengetahui hal apa saja yang wajib kita penuhi, silahkan langsung membacanya di artikel ini [Baca: 5 cara mudah merawat kulit kering].

tags: