Cara mengatasi kulit bersisik dengan masker alpukat

mengatasi kulit bersisikGangguan ini disebabkan karena kelembaban kulit hilang dan berada di bawah ambang batas minimum, oleh sebab itu, gangguan ini biasanya diawali dengan kulit kering.

Cara atau solusi yang diambil tentu saja dengan berusaha mengembalikan kelembabannya, kita bisa memanfaatkan beberapa produk pelembab komersil yang banyak dijual, atau juga dengan menggunakan bahan yang bersumber dari alam.

Pada beberapa hari yang lalu telah diulas tentang langkah apa yang bisa kita gunakan untuk melembabkan kulit [Baca: cara membuat pelembab dan cara merawat kulit kering].

Kedua artikel tersebut sebenarnya bisa kita manfaatkan untuk mengatasi gangguan kulit yang diakibatkan karena efek sinar matahari atau makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Namun jika mencari alternatif lainnya, silahkan mencoba beberapa tips yang akan dijelaskan pada artikel kali ini.

Berikut ini adalah cara mengatasi kulit bersisik dengan menggunakan alpukat sebagai bahan dasar pembuatannya.

Bahan yang harus dipersiapkan

Tidak sulit dan bahannya mudah kita dapatkan di lingkungan sekitar, kita hanya harus menyiapkan beberapa komponen dasar berikut:

  • Alpukat setengah matang sebanyak satu buah atau disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing
  • Madu sebanyak satu sendok makan
  • Minyak zaitun sebanyak 5 tetes atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan

Ketiga komponen tersebut bisa kita dapatkan di toko terdekat dengan harga yang sangat terjangkau. Setelah semuanya kita siapkan, silahkan ikuti langkah mudah berikut ini.

Cara pembuatan dan penggunaan

Gunakan blender untuk menghaluskan alpukat tersebut, setelah halus pindahkan ke wadah atau mangkuk berukuran sedang. Masukkan minyak zaitun dan madu yang telah kita persiapkan dan aduk sampai rata.

Terapkan ke wajah yang bermasalah dan tunggu selama 15 menit, setelah mengering angkat noda masker tersebut dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk bersih.

Agar hasil yang kita dapatkan sesuai dengan harapan, lakukan langkah tersebut dua kali sehari selama 1 atau 2 minggu, gunakan setiap pagi dan malam sebelum beranjak tidur.

Tips ini sebenarnya mengambil semua manfaat yang ada pada alpukat, madu dan minyak zaitun, ketiganya mengandung pelembab alami dan antioksidan tinggi yang berguna sebagai pelindung dari bahaya oksidasi akibat radikal bebas.

Meskipun begitu, langkah di atas harus disertai dengan perubahan cara makan kita. Mulailah menghindari atau setidaknya membatasi asupan lemak dan kalori yang bisa berakibat buruk bagi kulit dan anggota tubuh lainnya.

Penting untuki diketahui bahwa jika setelah berbagai macam usaha yang kita lakukan tidak membuahkan hasil maka segeralah untuk mengunjungi dokter terdekat.

Hal ini dikarenakan pada beberapa kasus, kulit bersisik disebabkan karena serangan penyakit tertentu. Banyak penyakit yang bisa berdampak pada menurunnya kesehatan dan kecantikan seseorang.

Oleh sebab itu, jangan tunda lebih lama lagi jika memang semua langkah yang kita coba tidak menunjukkan hasil apa-apa.

tags: