Cara Mengatasi Ketombe Pada Anak

Mengatasi Ketombe Pada AnakSeperti yang telah dijelaskan dalam berbagai kesempatan bahwa ketombe merupakan pengelupasan kulit yang terjadi secara alami pada semua manusia baik pada kulit kepala, wajah, leher dan lain sebagainya.

Namun karena pengelupasan yang terjadi pada kulit kepala bisa sangat cepat dan cenderung berjumlah banyak maka orang akan merasa sangat terganggu dengan hal ini. Pengelupasan kulit ini pun dialami oleh hewan dan anak kecil, namun ada perbedaan antara ketombe yang terjadi pada remaja dan anak kecil.

Untuk mengetahui detail lengkap tentang ketombe pada anak dan cara mengatasinya, silahkan baca panduan berikut ini. Berikut adalah cara mengatasi ketombe pada anak seperti dilansir oleh Mayo Clinic.

Waktu kemunculan

Seorang anak biasanya akan mulai bermasalah dengan ketombe ketika ia mulai berusia 11 tahun seterusnya, masalah ini muncul karena kelenjar sebaceous cenderung memproduksi minyak lebih banyak dari sebelumnya. Ketika ini terjadi maka kulit kepala akan dipenuhi dengan minyak dan kulit kepala yang terkelupas akan terikat pada minyak tersebut.

Serpihan kulit kepala ini akan terus terkumpul dan terjebak dalam minyak sehingga kita akan mudah melihat gumpalan kulit kepala berwarna putih berukuran kecil atau sedang (ketombe).

Dibanding anak perempuan, anak laki-laki akan lebih rentan terhadap ketombe ketika mulai menginjak usia 11 tahun. Adapun perbedaan antara ketombe yang dialami oleh anak kecil dengan para remaja adalah area yang mengalami dampak tersebut.

Pada anak kecil hanya terjadi disebagian kecil kepala saja, berbeda dengan remaja yang cenderung meliputi seluruh bagian kepala.

Perawatan

Perawatan yang paling dianjurkan untuk megnatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan sampo anti ketombe yang memiliki kandungan asam salisilat atau minyak pohon teh. Ajari mereka bagaimana cara menggunakan sampo yang benar, karena keefektifan sampo tersebut sangat bergantung dari bagaimana mereka menggunakannya.

Silahkan baca halaman ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara menggunakan sampo yang benar >> http://www.sukawera.com/cara-menggunakan-sampo/

Jika memungkinkan, bantu mereka secara langsung dan terapkan bagaimana cara melakukannya.

Bantu mereka dalam menemukan produk perawatan yang cocok

Anak di usia mereka belum mengetahui produk apa yang cocok untuk digunakan, bahkan mereka juga kadang tidak mengetahui jenis rambut atau kulit mereka. Akibatnya adalah mereka akan melakukan berbagai percobaan pada kulit atau rambut mereka yang efeknya mungkin buruk dan bersifat permanen.

Oleh karena itu beritahukan pada anak tentang jenis kulit dan rambut mereka lalu bantu mereka untuk menemukan dan memilih produk perawatan seperti apa yang paling baik untuk digunakan.

Pola makan

Ketombe juga berhubungan langsung dengan makanan yang dikonsumsi setiap hari, oleh karenanya kita sebagai orang tua wajib menyediakan menu makan yang benar-benar bergizi dan mengandung nutrisi penting baik untuk mendukung pertumbuhan mereka maupun untuk kesehatan rambut dan kulitnya.

Jika semuanya diperhatikan dan dilakukan dengan seksama, maka ketombe pada anak bisa diatasi dengan mudah. Bagi anda yang mengetahui teknik dan cara mengatasi ketombe pada anak lainnya, silahkan share di sini.

tags: