Cara Mengatasi Kerusakan Rambut Akibat Produk Tertentu

cara mengatasi kerusakan rambutKerusakan pada rambut bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah senyawa kimia yang ada dalam produk perawatan rambut tertentu. Produk tersebut bisa berupa krim rambut, minyak, sampo dan lain sebagainya.

Bila kerusakan tersebut tidak segera diaatasi dengan segera maka kerusakan mungkin akan berlanjut hingga kerontokan dan kebotakan permanen. Lalu bagaimana cara mengatasi kerusakan tersebut?

Berikut ini merupakan beberapa tips dan cara mengatasi kerusakan rambut akibat penggunaan produk perawatan rambut tertentu.

1. Hentikan penggunaan sampo

Langkah pertama yang harus segera dilakukan adalah dengan menghentikan penggunaan sampo atau produk perawatan rambut yang diduga kuat memicu kerusakan tersebut. Penghentian ini bertujuan agar kerusakan bisa diminimalisir, bila kebetulan anda menggunakan beberapa jenis produk, maka perhatikan kembali dengan seksama produk apa yang kemungkinan besar memicu kerusakan tersebut.

2. Gunakan kondisioner setelah membasuh rambut

Dari sekian banyak tanda dan gejala kerusakan pada rambut, yang paling umum dan sering dialami oleh banyak orang adalah rambut kering dan kusam. Untuk mengatasi hal ini anda bisa mulai menggunakan kondisioner yang berfungsi sebagai pelembab, namun karena tidak semua produk kondisioner bisa digunakan oleh setiap orang maka pilihlah produk yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut saat ini.

Pastikan untuk memilih kondisioner yang sebagian besar bahan dasarnya terdiri dari bahan organik atau alami.

3. Oleskan minyak esensial

Pengobatan sederhana yang telah terbukti khasiatnya adalah dengan menggunakan minyak esensial, minyak ini bukan saja berguna untuk mengembalikan kelembaban kulit kepala yang hilang karena sebab tertentu, namun juga ampuh dalam membasmi jamur, bakteri dan kuman.

Minyak esensial yang bisa anda gunakan untuk mengobati kerusakan adalah minyak jojoba, minyak zaitun dan minyak kelapa.

4. Perbanyak konsumsi protein

Rambut terdiri dari beberapa jenis protein, bila bagian ini rusak maka rambut akan mengalami kerusakan. Untuk mencegah dan mengatasi kondisi tersebut, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein seperti telur, daging dan beberapa jenis sayur serta buah lainnya.

5. Pangkas ujung rambut

Bila jenis kerusakan yang dialami adalah rambut bercabang maka salah satu cara paling mudah adalah dengan memangkas ujungnya. Tidak perlu banyak, cukup beberapa inci saja.

Pemangkasan ujung rambut secara teratur juga berguna untuk mencegah kerusakan di masa mendatang, oleh sebab itu pastikan anda memangkasnya setiap satu atau dua bulan sekali agar terhindar dari rambut bercabang.

6. Potong rambut

Jika kerusakan tidak hanya pada ujung rambut namun juga mengenai batang yang berada di tengah atau bahkan pangkalnya, maka disarankan untuk memotong semuanya agar pengobatan bisa lebih mudah dilakukan.

tags: