Cara mengatasi jerawat

mengatasi jerawatBanyak cara dan langkah yang bisa kita jadikan sebagai solusi untuk mengatasi jerawat, meskipun begitu tentu tidak semuanya terbukti ampuh dalam menyingkirkan masalah tersebut.

Pada beberapa kesempatan terdahulu, kita telah sama-sama mengulas tentang apa saja yang perlu kita lakukan untuk mengobati jerawat, panduannya bisa dibaca di sini [Baca: cara mengobati jerawat dan cara menghilangkan jerawat].

Kedua tips di halaman tersebut secara gamblang menerangkan tentang berbagai metode untuk mengatasi permasalahan klasik manusia.

Selain dua cara tersebut, ada beberapa tips lagi yang sayang jika kita lewatkan.

Berikut ini merupakan 4 cara mengatasi jerawat seperti yang berhasil dirangkum dari beberapa sumber terpercaya.

1. Mengatur pola makan

Makanan yang kita konsumsi setiap hari memiliki andil dalam kesehatan kulit, kurangnya asupan nutrisi dan vitamin dapat memicu berbagai macam gangguan baik bagi kulit ataupun bagian tubuh lainnya.

Beberapa vitamin serta nutrisi yang direkomendasikan para ahli meliputi:

  • Vitamin A
  • Vitamin B komplek
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Zinc atau zat seng

Untuk memperoleh vitamin serta nutrisi di atas bisa dengan cara mengkonsumsi sayuran dan buah atau suplemen penting yang banyak dijual di apotik terdekat.

2. Tidak menggunakan sembarang makeup

Penggunaan makeup atau kosmetik yang tidak cocok dengan tipe kulit seseorang dapat memicu berbagai masalah seperti iritasi, alergi, peradangan bahkan jerawat serta komedo.

Dengan menggunakan kosmetik yang tepat, kita dapat meminimalisir efek samping dari produk kecantikan tersebut.

3. Olahraga

Olahraga secara teratur berguna untuk membersihkan tubuh dari racun yang terdapat pada makanan atau yang berasal dari polusi udara.

Saat seseorang berkeringat, disadari atau tidak tubuh mendorong keluar racunracun terebut melalui kelenjar keringat. Oleh sebab itu para ahli tidak henti-hentinya menganjurkan kita untuk selalu berolahraga.

4. Segera periksakan ke dokter kulit

Jika ada hal tidak wajar yang terjadi pada kulit atau bagian tubuh lainnya, maka hal pertama yang seharusnya kita lakukan adalah mengkonsultasikannya dengan dokter yang ahli di bidangnya.

Hal ini kita lakukan untuk mendeteksi secara dini masalah atau gangguan apa yang sebenarnya sedang kita alami. Semakin cepat kita mengetahui gangguan tersebut maka semakin besar pula kemungkinan kita untuk sembuh.

4 langkah di atas merupakan cara terbaik untuk mencegah masalah jerawat, ingat lebih baik melakukan langkah pencegahan dibanding dengan harus mengobati bukan.

Maka dari itu, biasakanlah untuk mulai melakukan hal-hal penting di atas agar kesehatan dan kecantikan kulit kita tetap terjaga.

Sebagai kalimat terakhir, silahkan layangkan pertanyaan jika masih ada sesuatu yang dianggap kurang jelas, jangan ragu pula untuk mengirimkan ide-ide yang masih ada hubungannya dengan topik di atas.

tags: