Cara mengatasi jerawat parah dengan makanan

cara mengatasi jerawat parahJerawat bisa disebabkan oleh faktor dari dalam tubuh kita dan bisa juga diakibatkan oleh lingkungan dan radikal bebas. Untuk mengatasi hal tersebut bisa dengan berbagai macam cara.

Slah satu cara tersebut adalah dengan mengkonsumsi makanan, bukan sembarang makanan karena makanan yang akan kita gunakan ini adalah masih mentah atau belum melalui proses pengolahan.

Berikut adalah cara mengatasi jerawat parah dengan mekanan seperti dikutip dari beberapa sumber dan ahli kulit.

1. Bawang putih mentah

Meskipun tidak semua orang menyukai rempah-rempah ini karena bau tak sedap yang ditimbulkannnya, namun demi mengatasi jerawat yang kita derita maka kali ini kita singkirkan dulu ketidaksukaan tersebut.

Bawang putih termasuk ke dalam rempah yang memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur, jerawat pada umumnya disebabkan oleh bakteri. Untuk itulah penting kiranya menggunakan berbagai macam hal yang memiliki sifat anti bakteri.

Tujuannya jelas, yaitu untuk melenyapkan bakteri tersebut. Salah satu anti bakteri ampuh adalah bawang putih, rempah ini cukup kita masukkan ke dalam makanan dalam keadaan mentah.

Kita bisa menghaluskannya terlebih dahulu baru kemudian menaburkannya ke makanan yang akan kita santap.

2. Menaburkan biji rami

Selain dapat menstabilkan hormon dalam tubuh, biji rami juga dikenal memiliki serat yang baik untuk pencernaan. Serat ini berguna untuk mengikat racun sehingga tubuh akan lebih mudah mengeluarkannya.

Kembali ke masalah jerawat, gangguan kulit ini bisa diakibatkan oleh hormon yang tidak stabil. Oleh karenanya biji rami tepat digunakan bila masalah yang sedang kita hadapi dipicu oleh masalah hormon.

Cukup haluskan lalu taburkan ke makanan yang akan kita konsumsi, dalam beberapa hari penggunaan kita sudah bisa melihat hasilnya.

3. Daun kemangi

Dibanding dengan dua hal di atas, mungkin daun kemangi lebih mudah didapat dan paling banyak diterima. Daun ini bersifat anti bakteri yang dapat menghilangkan segala jenis bakteri termasuk bakteri penyebab jerawat.

Selain itu kemangi juga mengandung antioksidan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit yang dapat mengakibatkan luka atau cekungan pada jerawat.

4. Sayur dan buah mentah

Sayur dan buah-buahan adalah dua jenis makanan yang mengandung banyak vitamin dan berguna untuk kesehatan tubuh baik organ dalam maupun organ luar seperti kulit.

Biasakanlah mulai dari sekarang untuk memulai makan dengan mengkonsumsi sayuran mentah baru kemudian disusul dengan menu utama. Untuk makanan penutup kita bisa menggunakan buah-buahan segar seperti jeruk dan apel yang kaya antioksidan.

Bila pola makan ini diterapkan dalam beberapa hari atau minggu kedepan maka niscaya gangguan kulit yang sedang kita alami akan berangsung-angsur sembuh.

Inti dari semua penjelasan di atas adalah bagaimana cara kita merubah pola makan biasa menjadi pola makan yang bisa membuat tubuh semakin sehat dan bugar.

tags: