Cara mengatasi jerawat dalam 1 minggu

mengatasi jerawat dalam 1 mingguBukan rahasia lagi jika salah satu gangguan kulit ini begitu mengganggu penampilan dan rasa percaya diri seseroang, oleh karenanya banyak uang yang dianggarkan untuk mengatasi persoalan ini.

Yang menjadi masalah sekarang adalah seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan wajah dari gangguan tersebut? Satu minggu, dua minggu atau berbulan-bulan lamanya?

Kita tentu mengharapkan hasil yang cepat, apalagi jika biaya yang dikeluarkan tergolong besar. Sayangnya hal ini tidak akan terwujud jika langkah dan tahapan yang dilakukan kurang tepat.

Masalah jerawat sebenarnya bisa diatasi hanya dalam waktu satu minggu, dengan syarat semua langkah yang dijalankan telah sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.

Pelanggaran atau kurang tepatnya solusi yang diambil membuat gangguan ini bertahan lebih lama di wajah, kita tentu tidak menginginkannya bukan?

Berikut ini adalah cara mengatasi jerawat hanya dalam satu minggu seperti dilansir dari berbagai sumber ahli.

Hal-hal yang kita butuhkan

Sebelum memulainya, kita perlu menyediakan beberapa hal berikut:

  • Pembersih wajah bersifat ringan
  • Benzoil peroksida
  • Asam alpha hidroksi
  • Exfoliator atau pengangkat kulit mati
  • Asam salisilat

Semua bahan di atas bisa diperoleh di apotik atau toko obat terkemuka di sekitar tempat tinggal kita, biaya yang harus dikeluarkan cukup terjangkau jadi siapapun bisa membelinya.

Langkah pertama

Setelah semua bahan di atas kita peroleh, maka langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membersihkan wajah secara teratur. Hal ini bertujuan agar dapat mengurangi bakteri dan kuman pemicu jerawat.

Selain itu, debu dan kotoran yang berasal dari lingkungan sekitar dapat kita angkat sepenuhnya dengan air, kita tahu bahwa kebersihan merupakan hal terpenting dalam kesehatan tubuh termasuk kulit.

Langkah kedua

Mulailah untuk mengoleskan krim benzoil peroksida ke jerawat, berhati-hatilah saat menggunakannya karena krim ini sangat keras sehingga dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi.

Oleh sebab itu awali dengan mengleskan sedikit krim pada area bermasalah, jika dirasa jumlah tersebut tidak terlalu berpengaruh pada jerawat maka kita bisa menambahkannya sedikit.

Langkah ketiga

Untuk mencegah penyebaran jerawat, kita bisa menggunakan asam alpha hidroksi. Produk ini berperan untuk mengangkat sel kulit mati di bagian jerawat.

Selain itu, produk yang mengandung asam alpha hidroksi berperan penting dalam mengurangi masalah peradangan yang mungkin diakibatkan oleh jerawat.

Langkah keempat

Lakukan pengangkatan sel kulit mati dua kali seminggu, ini harus kita lakukan bahkan ketika wajah tidak bermasalah dengan jerawat. Pengangkatan kulit mati secara teratur dimaksudkan untuk mencegah tersumbatnya pori-pori kulit.

Kita bisa menggunakan produk yang banyak dijual di pasaran, atau bisa juga dengan menggunakan scrub wajah. Untuk tips pembuatannya silahkan lihat di halaman berikut [Baca: Membuat scrub wajah untuk mengangkat sel kulit mati].

Langkah kelima

Gunakan asam salisilat sebelum beranjak tidur, penggunaan asam salisilat ini dilakukan setelah kita membersihkan wajah terlebih dahulu. Tujuan penggunaan produk ini adalah untuk mencegah masalah komedo dan terjadinya infeksi bakteri penyebab jerawat ke bagian kuit lainnya.

tags: