Cara mengatasi bibir pecah-pecah

bibir pecah-pecahBibir pecah-pecah memang erat kaitannya dengan kulit kering, kelembaban yang jauh di bawah batas normal membuat pengelupasan terjadi di sebagian kulit.

Kondisi ini membuat kita terlihat buruk di depan orang, setidaknya itulah yang sering kita rasakan meski tidak semua orang beranggapan atau berani berkata jujur.

Ada 5 cara yang bisa kita coba untuk mengatasi persoalan tersebut, semuanya menggunakan bahan-bahan alami sehingga dipastikan aman bagi siapa saja.

Berikut adalah 5 cara mengatasi bibir pecah-pecah dengan menggunakan bahan-bahan tradisonal yang telah diakui dalam dunia kecantikan.

1. Membuat scrub bibir

Scrub yang akan kita buat berfungsi untuk mengangkat semua kulit mati dan membersihkan semua bagian kulit. Langkah ini perlu kita lakukan agar semua kotoran dapat dihilangkan.

Jika semua kotoran tersebut berhasil kita singkirkan maka langkah selanjutnya akan lebih mudah dilakukan. Untuk memulainya kita membutuhkan dua bahan dasar yang biasa ada di dapur setiap rumah.

Sediakan garam dan gula secukupnya lalu masukkan ke dalam wadah kecil, beri beberapa tetes air lalu aduk sampai kedua bahan mencari. Oleskan secara merata ke bibir dengan gerakan melingkar.

Lakukan secara perlahan selama beberapa menit lalu bersihkan dengan air hangat. Tips ini bukan saja dapat mengatasi masalah pecah-pecah namun juga efektif dalam melembutkan bibir.

2. Gunakan lidah buaya

Tanaman ini tidak ada habisnya, hampir semua metode perawatan memasukkan lidah buaya. Selain bisa digunakan untuk rambut dan kulit, tanaman ini memiliki keampuhan nyata dalam mengatasi gangguan pada bibir.

Untuk menghilangkan masalah yang sedang kita hadapi, silahkan ambil daging lidah buaya lalu terapkan langsung pada bibir. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas sampai bersih.

3. Gunakan olive oil

Olive oil atau yang lebih dikenal dengan minyak zaitun juga ampuh dalam mengembalikan kelembaban bibir yang hilang, terapkan beberapa tetes minyak berkhasiat ini ke bibir dan diamkan selama beberapa menit.

Bilas sampai bersih dan keringkan dengan kain lembut. Lakukan sebanyak dua kali sehari sampai masalah tersebut benar-benar teratasi.

4. Menggunakan madu

Tidak kalah dengan bahan alami yang telah disebutkan di atas, madu memiliki beragam manfaat yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan manusia.

Salah satu manfaat madu yang paling populer adalah keampuhannya dalam menghilangkan semua masalah yang biasa terjadi pada kulit termasuk bibir.

Untuk langkah dan cara pemakaiannya tidak jauh berbeda dengan urutan nomor 4, bedanya kali ini kita menggunakan madu sebagai bahan dasarnya.

5. Minum 8 gelas perhari

Penyebab kekeringan tentu saja karena kekurangan kelembaban, hal ini bisa diakibatkan oleh kekurangan cairan. Untuk itulah perlu diperhatikan berapa banyak cairan yang kita butuhkan setiap harinya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, kebanyakan manusia dianjurkan minum sebanyak 8 gelas perhari. Tentu jumlah ini dapat berbeda antara satu orang dengan orang lainnya.

Hal ini disebabkan karena setiap orang memiliki aktifitas yang berbeda-beda, orang yang lebih aktif mungkin membutuhkan cairan yang lebih banyak dibanding dengan orang yang kurang begitu aktif.

tags: