Cara Mengatasi Bibir Kering

cara mengatasi bibir keringBibir pecah-pecah adalah masalah yang hampir dialami oleh setiap orang, kondisi ini terjadi ketika perubahan cuaca atau suhu terjadi begitu cepat. Salah satu contohnya adalah pagi hari kita beada di rumah dengan suhu yang relatif hangat, lalu kemudian berada di tempat kerja berpendingin ruangan.

Pecahan tersebut kadang hanya berakibat pengeluasan tidak merata, namun terkadang menyebabkan pendarahan. Untuk mencegah hal itu terjadi diperlukan langkah sederhana untuk mengatasinya.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi bibir kering seperti dilansir oleh sebuah media online.

Tahap pertama

Basuh muka menggunakan air hangat, suhu air yang kita gunakan harus benar-benar diperhatikan. Tidak boleh panas karena dapat menyebabkan kulit kering dan bertambah buruknya kondisi bibir kita.

Setelah proses ini selesai, biarkan beberapa menit sampai mengering dengan sendirinya. Jangan gosokkan handuk atau kain lainnya pada wajah.

Tahap kedua

Tahap selanjutnya adalah mengangkat sel kulit mati, hal ini dilakukan untuk mengangkat lapisan kulit yang telah mati. Pecah-pecah yang kita lihat pada bibir merupakan wujud asli dari permukaan kulit yang telah mati.

Dengan mengangkatnya maka tidak ada lagi pengelupasan tidak merata pada bibir. Selain itu teknik ini juga memberikan kesempatan pada lapisan kulit baru.

Pengangkatan kulit mati bisa dilakukan dengan menggunakan produk tertentu yang biasa anda gunakan atau dengan menggunakan bahan alami lainnya, untuk informasi lebih lanjut silahkan buka kembali halaman lainnya.

Tahap ketiga

Oleskan produk pelembab pada bibir. Ingat, mungkin pelembab yang biasa anda gunakan untuk melembutkan kulit tidak akan cocok bila digunakan pada bibir. Oleh sebab itu pastikan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu, jangan langsung menggunakan produk tersebut secara keseluruhan.

Tahap keempat

Bukan hanya kulit saja yang membutuhkan perlindungan, bibir juga demikian. Jika bibir tidak dilindungi dengan benar maka sinar matahari dapat merusak keindahannya.

Oleskan tabir surya yang dirancang khusus atau paling tidak dapat dipergunakan pada bibir setiap kali anda keluar rumah.

Tahap kelima

Pada tahap ini kita dianjurkan untuk tidak tertlalu lama menggunakan lipstik, segera bersihkan bila sudah tidak diperlukan lagi.

Tahap keenam

Jangan menjilat bibir dengan harapan mengurangi bibir kering, ini adalah hal yang paling sering dilakukan. Sayangnya para ahli justru berpendapat sebaliknya. Menjilat bibir dapat membuat bibir semakin kering, teorinya sama dengan terlalu sering mencuci wajah.

Keenam tahap di atas bukan hanya dilakukan ketika kita sudah bermasalah dengan bibir kering atau pecah-pecah, namun juga baik dilakukan secara teratur agar terhindar dari masalah tersebut.

Lakukan secara teratur dengan mengikuti semua anjuran dan meninggalkan segala hal yang dianggap dapat merusak atau berdampak buruk bagi bibir.

tags: