Cara Mengatasi Bekas Jerawat dan Kerusakan Kulit

bekas jerawat dan kerusakan kulitSebagian besar bekas jerawat memang bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu kedepan, namun beberapa jenis bekas jerawat justru lebih sulit dihilangkan bahkan cenderung bersifat permanen.

Apa saja yang perlu kita ketahui tentang gangguan yang satu ini? Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai cara mengatasi bekas jerawat dan berbagai jenis kerusakan kulit lainnya.

Letak dan bentuknya

Bekas jerawat terletak tepat di bagian dimana sebelumnya ditumbuhi jerawat, adapun bentuknya memiliki banyak jenis yakni:

  • Atrofi: Merupakan bekas luka yang masih dangkal dan berada di permukaan kulit
  • Berbentuk seperti Boxcar
  • Lubang berbentuk mirip kawah, berdiameter dan memiliki kedalaman

Pembagian bekas jerawat tersebut sesuai dengan pernyataan profesor Hayes Gladstone, MD, seorang pakar kulit di Universitas Stanford.

Apa yang membuat bekas jerawat bertambah parah?

Tingkat keparahan bekas jerawat sebenarnya dipengaruhi oleh level jerawat itu sendiri, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tingkatan jerawat, silahkan anda baca artikel berikut [Baca: Penjelasan lengkap mengenai jerawat, penyebab dan cara mengatasinya].

Selain itu beberapa hal berikut ini ditengarai dapat memperparah bekas luka yang ditinggalkan oleh jerawat:

  • Paparan sinar matahari: Sinar matahari memang musuh utama kulit, paparan berlebihan dapat menimbulkan radiasi dan oksidasi yang menyebabkan kerusakan pada kulit dan jaringannya.
  • Vitamin E: Anda mungkin terkejut bahwa vitamin E dapat menyebabkan bertambah parahnya bekas luka, celakanya vitamin ini banyak ditemukan pada berbagai produk yang mengklaim dapat menghilangkan bekas luka atau bekas jerawat. Fakta menarik ini ditemukan oleh para ilmuan di University of Miami.
  • Kerusakan jaringan kulit: Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh kebiasan sebagian masyarakat yang gemar memecahkan jerawat dengan anggapan langkah pengobatan paling cepat.

Hal yang dapat mengurangi atau menyembuhkan bekas jerawat

Krim yang mengandung kortison: Kortison mudah diserap oleh kulit dan membantu mengurangi peradangan. Selain itu krim yang megnadung kortison terbukti ampuh dalam mengurangi bekas jerawat.

Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa penggunaan berlebihan dapat menyebabkan kulit kering, oleh sebab itu gunakan secukupnya saja dan pastikan tidak mengoleskan krim ini pada bagian kulit yang sehat.

Terapi laser: Ini adalah metode yang paling banyak dipilih oleh pasien yang bermasalah dengan bekas jerawat atau kerusakan pada permukaan kulit. Selain mudah dilakukan, hasilnya juga bisa terlihat hanya dalam beberapa sesi terapi saja.

Tentu saja biaya yang dibutuhkan sedikit lebih mahal dibanding terapi lainnya, namun jika anda ingin menghilangkan bekas jerawat permanen, maka tidak ada salahnya mencoba terapi satu ini.

Terapi ini hanya boleh dilakukan di dokter kulit, hindari menggunakan jasa yang tidak memiliki izin resmi karena kesalahan sekecil apapun dapat merusak jaringan kulit.

Kesabaran

Menghilangkan bekas luka membutuhkan waktu lama dan kesabaran tinggi, jika kita tidak mampu bersabar dan cepat putus asa maka hasilnya tidak akan pernah kita rasakan.

Ingat, pengobatan membutuhkan keteraturan dan itu membutuhkan kesabaran dalam menjalankannya.

tags: