Cara Mengangkat Kulit Mati – Panduan Eksfoliasi

cara mengangkat kulit matiPengelupasan sel kulit mati atau yang biasa dikenal dengan nama eksfoliasi merupakan metode perawatan kulit yang ditujukan untuk mendapatkan kulit cerah dan bebas keriput secara instant.

Beberapa hari yang lalu kami telah menjelaskan secara gamblang tentang berbagai manfaat yang bisa kita dapat dari metode ini, tentunya jika dilakukan dengan benar.

Silahkan baca kembali di sini untuk mengetahui manfaat eksfoliasi (Baca: Lima manfaat eksfoliasi untuk kulit).

Eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati bisa dilakukan dengan menggunakan produk yang memang diformulasikan untuk tujuan tersebut, produk ini sudah banyak dijual di toko kecantikan dengan harga bervariasi.

Selain dengan menggunakan produk komersial, anda juga bisa menggunakan scrub dan deep cleanser buatan sendiri. Silahkan lihat cara pembuatannya dan bahan apa saja yang dibutuhkan di halaman ini (Baca: Panduan membuat deep cleanser untuk mengangkat kulit mati).

Lalu bagaimana cara melakukan pengangkatan kulit mati secara benar? Berikut adalah panduan dan cara mengangkat kulit mati seperti dijelaskan oleh beberapa sumber.

Perangkat yang dibutuhkan:

  1. Deep cleanser
  2. Body lotion
  3. Batu apung

Langkah dan tahapan

Basahi semua anggota badan yang akan diangkat sel kulit matinya, ingatlah bahwa pengangkatan sel kulit mati hanya dilakukan jika kulit tidak dalam keadaan terbakar sinar matahari atau terdapat luka terbuka.

Jika sedang mengalami luka atau sedang terbakar sinar matahari, maka urungkan niat tersebut dan tunggulah sampai benar-benar reda.

Setelah dibasahi dengan air, gosokkan batu apung ke bagian kaki secara perlahan. Ingat, hanya gosokkan batu apung pada bagian kaki.

Langkah awal ini akan mengangkat bagian kulit mati yang menutupi permukaan kulit.

Setelah selesai, kini tuangkan deep cleanser ke telapak tangan lalu oleskan pada semua anggota badan. Oleskan secara perlahan dan dengan gerakan melingkar.

Khusus pada bagian-bagian yang memiliki tingkat sensitifitas tinggi, hindari menggosok terlalu keras karena deep cleanser tersebut bisa mengiritasi.

Sekarang ambil sikat tubuh lalu gunakan di bagian yang sulit dijangkau seperti bagian punggung dan lainnya.

Khusus untuk bagian wajah, gunakan deep cleanser yang memiliki sifat lembut dan memang diformulasikan untuk area wajah. Oleskan secara lembut dan tuntaskan seperti langkah di atas.

Setelah proses tersebut selesai, kini basuh semua anggota badan dengan air hangat lalu lanjutkan dengan air dingin. Hal ini untuk mengurangi rasa panas yang biasa muncul setelah proses eksfoliasi selesai.

Jangan lupa untuk mengoleskan body lotion atau produk pelembab lainnya agar efek pengangkatan kulit bisa ditekan. Perlu diketahui bahwa salah satu efek dari eksfoliasi adalah berkurangnya kadar kelembaban kulit.

Untuk itu pastikan agar selalu mengoleskan pelembab setiap hari terutama setiap kali selesai melakukan eksfoliasi.

Jika cara mengangkat kulit mati di atas dilakukan dengan benar, maka kulit akan selalu cerah dan terlihat lebih muda.

tags: ,