Cara mencegah rambut bercabang

mencegah rambut bercabangKondisi atau gangguan ini adalah masalah yang paling sering kita hadapi, meskipun pada umumnya masalah ini terjadi pada orang berambut panjang. Ada cara sederhana untuk mengatasi masalah tersebut dan akan kita bahas bersama kali ini.

Berikut adalah cara mencegah rambut bercabang seperti dikutip dari beberapa para ahli kesehatan rambut internasional.

Perlakukan dengan lembut

Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang tidak jauh berbeda dengan kulit, sangat rapuh dan mudah terkena berbagai macam kerusakan bila ditangani secara kasar.

Oleh sebab itu perlakukan dengan halus untuk menghindari kerusakan, beberapa contoh dalam memperlakukan dengan lembut adalah sebagai berikut:

  • Hindari menggosoknya ketika basah
  • Gunakan sisir bergerigi lebar
  • Keringkan dengan udara secara alami
  • Jika harus menggunakan hair dryer maka gunakan setelah agak kering
  • Hindari mengikatnya terlalu kuat

Selain beberapa tips di atas, kita juga harus memperhatikan saat menggunakan tas. Kebanyakan wanita lebih suka menaruh tas di bahu tanpa memperhatikan terlebih dahulu apa yang ada di atas bahu tersebut.

Sering kita alami ada banyak helai yang terjebak di bawah tali tas bahu tersebut, kondisi ini membuatnya tertekan dan mengalami stres sehingga pada akhirnya dapat menimbulkan kerusakan.

Meskipun terdengar sepele namun efek yang akan kita rasakan nanti sangatlah besar, oleh sebab itu pastikan tidak ada rambut yang berada di atas bahu saat meletakkan tali tas tersebut.

Hindari juga mencuci rambut terlalu sering, kecuali bila memang sudah terkena debu atau kotoran lain. Mencuci dengan sampo terlalu sering bukanlah ide yang bagus karena bisa menyebabkan kekeringan.

Hindari juga penggunaan produk perawatan yang mengandung senyawa kimia berbahaya dan lebih memilih menggunakan bahan alami seperti minyak zaitun, minyak jojoba dan vitamin E.

Penggunaan bahan alami tersebut ditujukan untuk membuat rambut tidak mudah patah dan memperkuat folikel dan akarnya.

Perawatan

Beberapa langkah perawatan yang perlu dilakukan seperti menggunakan kondisioner setelah mencuci dengan sampo, hal ini dilakukan agar terhidrasi dengan baik dan mudah disisir.

Lakukan juga berbagai perawatan yang menggunakan protein keratin di dalamnya, protein keratin tersebut berfungsi untuk memperkuat helaian agar tidak mudah patah dan rontok.

Sudah banyak produk yang dijual di pasaran dan harganya pun tidak terlalu mahal. Namun sekali lagi perlu diingat bahwa hindari sebisa mungkin semua produk yang mengandung bahan kimia karena bisa menyebabkan kerusakan di masa mendatang.

Ikuti juga berbagai tips perawatan rambut yang sebelumnya telah dipublikasikan di web ini, silahkan akses artikel tersebut melalui navigasi yang berada di bagian atas.

Dengan mengikuti dua langkah mudah di atas, diharapkan akan tetap sehat dan kuat serta terhindar dari berbagai kerusakan seperti bercabang dan kebotakan.

tags: